Pembukaan STQH ke 27 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una ditandai dengan penekanan Tombol sirene oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Rudi Dewanto foto : Prokopim /ajhy

Wakil Bupati Parigi Motong Badrun Nggai, SE Hadiri Pembukaan STQH ke 27 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una.

Pada acara pembukaan STQH ke 27 turut dihadiri seluruh Bupati, Wakil Bupati dan Walikota, wakil walikota se provinsi sulawsi tengah, unsur Forkopimda Kab. Tojo Una Una, kementrian agama se provinsi sulawesi tengah serta Ketua LPTQ se provinsi Sulawesi Tengah. Bertempat dilapangan Bumi Mas Uemolingku, Senin 8/5/2023.

Sambutan Gubernur yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Rudi Dewanto, mengatakan dengan semangat STQH ke 27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, kita satukan langkah untuk menciptakan generasi Qur’ani yang berkualitas menuju masyarakat Sulteng yang relijius, beriman dan bermartabat.

“Pemda prov sulteng menyambut baik dapat dipertemukan serta bersilaturahmi dengan segenap kaum muslimin dan masyarakat Tojo Una-Una beserta seluruh peserta STQH yang mewakili kabupaten kota se Provinsi Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Ucapan terimakasih dan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sulawsi Tengah kepada lapisan masyarakat, pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, panitia STQH dan juga semua pihak atas dukungan sehingga Perhelatan Akbar yang relejius ini dapat terlaksana dengan megah dan meriah.

Ia mengatakan, Salah satu fokus pembangunan di bidang Agama adalah peningkatan pemahaman dan juga pengembangan nilai-nilai kerohanian di masyarakat khususnya pada umat Islam, yang diantaranya melalui kegiatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) ke 27 se Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023.

“Kegiatan ini dalam pandangan saya adalah organisasi penting antara lain sebagai media pengembangn siar Islam dan ikhtiar kita untuk mengagungkan kalam ilahi memperkuat iman dan juga taqwa,” terangnya.

Oleh karna itu sejalan dengan tema STQH ke 27 yang diantaranya ingin mewujudkan generasi Qur’ani di Sulawesi Tengah yang berkualitas, maka hal ini sangat relefan dengan perintah ayat suci Alquran dan dimulai dari Ikra yang berarti bacalah.

“Secara implisit diperintahkan pada semua umat muslim harus memiliki hasrat yang tinggi dalam menjalani agar kelak menguasia ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan masyarakat,” jelasnya.

“Generasi Qur’ani di haruskan tidak hanya dengan mantap menghafal Alquran dan suara indahnya akan tetapi harus memiliki pemahaman yang tinggi dalam mempelajarinya,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, yang juga sebagai ketua panitia STQH ke 27 mengatakan atas nama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat mengucapkan selamat datang di BUMI SIVIA PATUJU pada seluruh kafilah se Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan Merujuk dasar pelaksanaan STQH ke 27, surat keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 451.15/317/Ro.Kesosmas-G.ST/2023. tertanggal 29 Agustus 2022 Tentang penetapan tempat penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran ke 27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Guna menyongsong keberhasilan pelaksanaan STQH ke 27, Pemda Tojo Una Una telah bersinergi mengoptimalkan seluruh potensi dan sumberdaya yang dimiliki agar dapat memberikan pelayanan yang prima, kenyamanan dan keamanan kepada seluruh kafila.

“Kabupaten Tojo Una-Una menargetkan pada pelaksanaa STQH ini harus sukses penyelenggaraannya, sukses okonomi masyarakat dan sukses prestasi,” ujarnya.

Bupati Mohammad Lahay juga menyampaikan bahwa Pemda Kab. Tojo Una Una telah melakukan kerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk menanggulangi musibah yang menimpa Kafilah, dewan hakim dan juga panitera yang berjumlah keseluruhan 330 orang.

“Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan guna melindungi atau mengcaver seluruh peserta kafilah, dewan hakim, panitera dengan total 330 orang untuk jaminan kecelakaan kerja dan kematian,” pungkasnya.

Sub. Bagian Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here