Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai saat membacakan Sambutan pada pembukaan O2SN dan OSN jenjang SMP tingkat Kab. Parimo Foto : Prokopim Aldi

Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong Badrun Nggai, membuka secara resmi kompetisi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Parigi Moutong. Pembukaan kompetisi itu dimeriahkan dengan penampilan Drum Band dari SMP Negeri 3 Parigi, Bertempat di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Senin 15 Mei 2023.

Kompetisi O2SN digelar secara offline di SMP Negri 2 Parigi serta kompetisi OSN digelar secara online (Daring) diaula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong mulai dari tanggal 15 Mei sampai dengan 17 Mei 2023.

Ketua panitia pelaksana Ince Pina, dalam laporannya mengatakan sebanyak lima cabang yang akan diperlombakan pada kompetisi O2SN diantaranya Atletik, Pencak Silat, Karate, Bulutangkis, dan Renang. Untuk kompetisi OSN melombakan mata pelajaran diantaranya IPA, IPS, dan Matematika.

Ince juga membeberkan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 60 pelajar untuk mengikuti Kompetisi O2SN. Sedangkan jumlah keseluruhan yang mengikuti kompetisi OSN sebanyak 342 Pelajar dan Official sebanyak 40 Orang.

Sementara itu, Wabup Badrun Nggai, dalam sambutannya mengatakan pembinaan dan pengembangan olahraga di sekilah yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang merupakan salah satu bagian dari empat pilar pembangunan nasional yaitu Olah Hati atau Kalbu, Olah Rasa, Olah Pikir dan Olahraga.

“Olahraga adalah kegiatan fisik yang bisa membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan dan persaudaraan,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan itu dapat memberikan pengalaman belajar yang baik yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan dan mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan. Mengilhami nilai-nilai fair play yang ada pada setiap pertandingan cabang olahraga O2SN.

Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong berharap besar kompetisi ini bisa menghasilkan Siswa-Siswi yang berprestasi sehingga nantinya mampu berlomba pada ajang yang lebih tinggi, baik pada tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

“Ini merupakan Parameter penting dari keberhasilan kita melakukan pembinaan di bidang Olahraga agar Siswa-Siswi kita bisa berkompetisi dijenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Turut hadir, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Aminudin, Kepala Dinas Disporapar Mawardin, Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sunarti, Camat Parigi Sri Nurahma, dan Sekretaris Koni Parigi Moutong Supardin.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here