Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu. Foto: Prokopim/Rachmat

Bupati Parigi Moutong (Parimo) H Samsurizal Tombolotutu pimpin rapat Persiapan Festival Durian bersama Pimpinan OPD dilingkungan Pemda Parimo . Selasa (24-01-2023).

Rapat yang berlangsung dengan agenda Teknis hasil Konsultasi Tim Pemda Parimo di kementerian pertanian RI melalui Dirjen holtikultura dijakarta antara lain membahas pengembangan hasil perkebunan dan pertanian unggulan Daerah yaitu Durian sebagai salah satu komuditi yang akan dikemas menjadi Brand Lokal Daerah dalam festival tahun ini di Parimo.

Sejumlah pemaparan serta rencana kegiatan telah disampaikan Tim yang berkunjung dan bertemu langsung dengan pejabat dilingkup Kementerian Pertanian RI, yang disambut baik oleh pihak Kementerian Pertanian dengan memberikan sejumlah masukan dan gambaran strategi kebijakan Nasional yang akan dijalankan Pemerintah Pusat Melalui Kementerian Pertanian sehingga Keinginan Pemda Parigi Moutong mengangkat Tema Agrowisata sebagai sektor yang menjadi fokus program Daerah yang dianggap sesuai dengan isu Nasional yaitu pengembangan produk unggulan Daerah sebagai alternatif peningkatan perekonomian dan ketahanan pangan, hal ini yang dilaporkan oleh Tim kepada Bupati Parigi Moutong sebagai bahan dalam penyusunan kegiatan yang akan dilaksanakan dibulan Mei mendatang. tentunya dengan persiapan dan tahapan yang matang agar program ini betul – betul mendapat nilai positif dan membawa perubahan serta kemajuan yang signifikan dibidang pertanian dan perkebunan di Daerah Parimo.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyapaikan segera tindak lanjuti hasil konsultasi kita di Kementerian OPD Teknis yang membidangi secepatnya membuat perencanaan dan evaluasi hal apa saja yang menjadi masukan kepada kita antara lain Teknis penyelenggaraan dan gelarannya, saat ini pihak Kementerian telah menunggu Roundown pelaksanaan festival Durian Internasional yang akan dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong.

Sebungan berkaitan dengan dua kegiatan Festival Durian yakni Festival Durian Lokal dan Festival Durian nasional yang dilaksanakan di Kab. Parimo. “saya minta pada OPD terkait agar melakukan koordinasi ke kecamatan – kecamatan agar untuk memilih kecamatan yang mana dapat menjadi tuan rumah pada pelaksanaan acara Festival Durian lokal nantinya, Lanjutnnya kemudian setalah itu kita akan laksanakan Festival Durian nasional yang nantinya insha Allah dilaksanakan di Mosing kecamatan tinombo selatan.

Bupati juga mengingatkan kepada Pimpinan OPD untuk kegiatan Festival Durian nasional maupun Festival Durian lokal disesuaikan dengan jadwal panen Rayanya. “yang paling penting lihat dan cari tau kapan panen raya durian dapat dilakukan.”

Dengan digelarnya pelaksanaan Festival ini Bupati berharap daerah kabupaten Parimo dikenal sebgai Penghasil dunian terbesar di Indonesia melalui konsep pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan berbasis teknologi.

Bertempat di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, di hadari Wakil Ketua I DPRD Parimo Faisan Badja, Sekretaris Daerah Parimo Zulfinasran, tenaga ahli Pemda Parimo Pak Hamka serta di ikuti Pimpinan OPD terkait lainya.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here