Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi moutong Sunarti, S. Pd.,M.Pd Buka Bimtek Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting Tahun 2023 diAula Sekolah SMP II Parigi Foto : Prokopim Parmout
Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi moutong Sunarti, S. Pd.,M.Pd Buka Bimtek Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting Tahun 2023 diAula Sekolah SMP II Parigi Foto : Prokopim Parmout

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong melalui Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) gelar Bimbingan Tekhnis Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting untuk usia dini tahun 2023. Kegiatan itu resmi dibuka Plt. Kadis Dikbud Parmout Sunarti, S.Pd., M.Pd, di Aula Sekolah SMP II Parigi Sabtu, (18/11/2023).

Melalui Peran Guru PAUD, Bimtek Cegah stunting diselenggarakan dengan tujuan membahas dan meningkatkan pemahaman mengenai pencegahan stunting pada anak usia dini.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang PAUD Dikmas Daniar mengatakan dalam mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal anak usia dini merupakan fase penting dalam menentukan dasar kesehatan dan perkembangan anak.

“Kami berharap, 189 Peserta guru PAUD di masing-masing satuan Pendidikan yang telah mengikuti Bimtek, menjadi agen perubahan yang mampu menyebarkan informasi dan keterampilan kepada rekan-rekan se profesi, serta dapat menginspirasi orang tua untuk turut serta dalam upaya pencegahan stunting, ” Ucapnya.

Sebelum membuka resmi kegiatan Bimtek dalam sambutan Pj. Bupati Parigi Moutong disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sunarti mengapresiasi terlaksananya kegiatan Bimtek Cegah Stunting yang diikuti sebanyak 189 profesi guru pada satuan Pendidikan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong yang telah melaksanakan kegiatan bimtek ini, ” Tutur Sunarti.

Lanjut Sunarti mengatakan kegiatan ini dalam rangka pencegahan stunting untuk anak usia dini, mengingat Stunting merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman pengetahuan dan keterampilan kepada para guru PAUD agar dapat memberikan peran yang optimal dalam pencegahan stunting di kalangan anak-anak, ” Terangnya.

untuk memberikan penguatan, peran besar guru-guru PAUD dalam mewujudkan pembentukan fase pondasi agar anak siap menghadapi perubahan dalam memasuki jenjang pendidikan.

“Para guru PAUD agar menjadi agen perubahan efektif, dengan harapan ke depan dapat mencapai potensi maksimal serta mendukung tumbuh kembang anak serta berkontribusi terhadap pencegahan juga penurunan angka stunting, “harapnya.

“Guru PAUD juga berperan aktif dalam penurunan Stunting di Kabupaten Parigi moutong, sehingga dapat memberikan layanan yang optimal pada anak terutama dimasa seribu hari pertama kehidupan untuk menciptakan generasi yang sehat ceria, cerdas dan berahlak mulia.” himbaunya.

“Kegiatan hari ini sangat penting tidak hanya Prevalensi Stunting, namun juga untuk keberlangsungan anak – anak kita menjadi sehat, cerdas dan berahlak mulia sehingga dapat menjadi generasi yang dibanggakan di Kab. Parigi Moutong.“ Tandasnya.

Kegiatan Tersebut juga dihadiri oleh Pemateri dari dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Parigi Moutong.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here