Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat Kabupaten Parigi Moutong Foto : Prokopim /ajhi

Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat Kabupaten Parigi Moutong dalam rangka menjaga komitmen dan menjalin koordinasi segenap anggota TPPS dalam upaya untuk mendorong percepatan penurunan stunting serta mewujudkan kualitas sumber daya manusia.

Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang, sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting ini juga menjadi salah satu penyebab tumbuh kembang anak terhambat.

“Pentingnya asupan gizi dalam proses tumbuh kembang anak, kami selaku pemerintah tidak diam saja. Dengan berbagai program serta adanya kerja sama atar stakeholder untuk membuktikan perhatian pemerintah pada masalah gizi anak,” ucap Badrun diaula Auditorium kantor Bupati Parigi Moutong, Selasa (16/5/2023).

Ia juga mengatakan, peran serta orang tua dalam hal ini sangatlah penting, sebagai orang tua juga harus berusaha untuk memenuhi gizi anak agar pertumbuhannya optimal. Salah satu usaha pemenuhan gizi anak dengan mengetahui status gizi anak dan menyesuaikan asupan makanannya.

Olehnya, Badrun mengingatkan bahwa stunting ini perlu penanganan ekstra, dan diharapkan agar semua Stakeholder terkait tetap melakukan koordinasi dan dapat bekerja sama dengan baik serta bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang diberikan.

“Semua pihak harus berkolaborasi dalam upaya percepatan penurunan stunting. Dengan cara mengintervensi program untuk seluruh sasaran yang beresiko,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ketua panitia TPPS Katikowati, dalam laporannya mengatakan dalam upaya pencegahan Stunting, harus membutuhkan keterpaduan penyelenggaraan intervensi gizi pada lokasi dan kelompok sasaran prioritas.

“Diperlukan penyelarasan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian dan evaluasi kegiatan lintas sektor maupun tingkat pemerintahan dan masyarakat Parigi Moutong,” terangnya.

Ia juga mengatakan, rapat koordinasi TPPS ini dalam rangka menguatkan sinergi dan kepedulian untuk melakukan koordinasi serta evaluasi terhadap stunting yang dilaksanakan oleh OPD baik serentak, terprogram maupun lintas sektor.

“Keluaran dari rakor ini untuk membangun komitmen dan dukungan lintas sektor,” pungkasnya.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Parigi Moutong Dra. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu, Sekretaris Daerah Parigi Moutong Zulfinasran Tiangso, SSTP, Unsur Forkopimda Parigi Moutong, Kepala Dinas dan Camat Se Kabupaten Parigi Moutong.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here