Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE. Foto: Prokopim/Rachmat

Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE hadiri rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten Parigi Moutong yang dilaksanakan di Aula Pesat Gatra Polres Parimo, Kamis (15/12/2022).

Dalam Kesempatan tersebut, Wabub menyampaikan bahwa pengamanan dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, yang menjadikan cenderung kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan di masyarakat. Perlu sinergitas yang baik, kebersamaan dan koordinasi yang baik hingga tingkat kelurahan untuk kesuksesan kegiatan Pengamanan perayaan Natal dan tahun baru.

Untuk meminimalisir dari gangguan kamtibmas yang kemungkinan terjadi, petugas Polisi dan fungsi pendukung sedini mungkin bisa melakukan upaya-upaya yang dilakukan dengan membagi dan menyebar personel ke setiap titik rawan.

Selain itu ia berpesan agar meningkatkan komunikasi dan koordinasi di lapangan serta mewaspadai intoleransi,  radikalisme dan terorisme.

Dengan digelarnya rapat koordinasi ini diharapkan semau bisa saling komitmen agar pengamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 berjalan dengan aman dan kondusif sehingga terwujudnya toleransi dan hubungan yang harmonis antar umat beragama. Tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Polres) Parigi Moutong (Parimo) AKBP Yudy Arta Wiyono mengungkapkan bahwa maksud rakor ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran tentang kesiapan polres parigi moutong dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru. Selain itu juga tujuannya mempedomani pelaksanaan tugas serta slalu berkoordinasi dalam rangka mengamankan Natal dan tahun baru.

Polda Sulawesi Tengah beserta dengan jajaran termaksuk Polres Parimo di dalam pelaksanaan Kegiatan Pengamanan Perayaan natal dan tahun baru ini mengusung yang namanya Oprasi lilin Tinombala 2022.

Adapun Oprasi lilin tinombala 2022 ini akan melaksanakan tindakan kegiatan kepolisian dalam hal ini melakukan penyuluhan, himbauan, memberikan penerangan dan edukasi serta membuat pos pengamanan termasuk pos pelayanan, kemudian patroli dan menempatkan seluruh personil di setiap gereja seluruh di wilayah Kabupaten Parigi Moutong semuanya yang akan di lakukan ini tetunya untuk memberikan kenyamanan pada saat perayaan ibadah natal dan juga tahun baru. Jelasnya

Jadi ini juga akan di dukung dari pihak TNI, dalam hal ini adalah Kodim 1306 serta Pemerintah Daerah dan juga Mitra Kamtibmas lainya akan mengedepankan pencegahan, deteksi dini maupun penegakkan hukum dalam rangka untuk Pengamanan perayaan natal dan tahun baru dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Saya juga berharap kita selalu berkomunikasi, berkoordinasi dan juga berkolaborasi sehingga pengamanan natal tahun 2022 dan tahun baru 2023 seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Parigi Moutong ini bisa tercipta suasana yang kondusif, aman, yaman dan juga tidak ada hal-hal yang menonjol di dalam kegiatan Pengaman ini. Tutupnya.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Unsur Forkopimda, forum komunikasi umat beragama (FKUB) dan OPD teknis terkait di lingkungan Kabupaten Parigi Moutong.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here