Sekda Zulfinasran, S.STP, M.AP, Saat memaparkan Rundown Acara terkait dengan Persiapan Harkannas yang akan di selenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong. Foto: Prokopim

Sebelum melakukan audensi bersama Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP) yang telah dijadwalkan pada tanggal 27 September 2022, Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo) yang di wakili langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Zulfinasran, S.STP,M.AP, menyempatkan untuk memaparkan Rundown acara terkait kesiapan kegiatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) dihadapan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H.Rusdy Mastura. diruang kerjanya, Senin (26/9/2022).

Hal ini sebagai Penyelarasan antara Pemda Parimo bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov), juga kementrian KP untuk bersinergi mendukung suksesnya acara Harkannas yang akan digelar pada tanggal 19 s/d 21 November tahun ini.

Sekda Zulfinasran dalam Paparannya menyampaikan, sesuai dengan adanya surat dari KKP melalui Dirtjen penguatan daya saing Produk Kelautan dan Perikanan, telah menyetujui dan menetapkan dilaksanakannya Harkannas diParimo.

“Tentunya, Pemda Parimo juga sudah melakukan pematangan Rundown acara yang telah kami sampaikan ke Gubernur Sulteng, nantinya juga akan kami paparkan kepada Kementrian KP,” ucap sekda.

Tujuan dilaksanakanya kegiatan Harkannas ini tidak terlepas dari arahan serta instruksi Bupati dan wakil Bupati, sehingga seluruh jajaran Pemda bekerja secara sistematis terukur dan terarah guna mendukung Program pemberdayaan Ekonomi Nasional melalui beberapa event yang akan diselenggarakan diParimo sebagai ajang Promosi Daerah, dan juga, nantinya diharapkan mampu menumbuhkan Perputaran roda Ekonomi yang baik di Masyarakat.

Dalam paparan tersebut Sekda juga menjelaskan, bahwa pada bulan November 2022 akan mulai melaksanakan kegiatan Webinar, dan pada tanggal 19 november akan dicanangkan Bulan Cinta Laut (BCL), yaitu pembersihan pantai dan penanaman Mangrove disepanjang 472 Km pesisir pantai, serta Pembukaan Pameran UMKM yang menampilkan olahan produk dari 23 Kecamatan yang ada diKabupaten Parigi Moutong.

“Dari pencanangan Bulan Cinta Laut ini, kami mengharapkan agar Kabupaten Parigi Moutong dapat meraih Rekor Muri ditahun 2022 ini .”harapnya.

Lanjut sekda menambahkan, pada tanggal 20 November, akan di laksanakan lomba masak serba Ikan tingkat Nasional, demo masak lokal serba ikan di 23 kecamatan, lomba melukis tingkat paud, TK dan SD, Demo masak selebriti cheff, kegiatan seminar, dan temu bisnis, kegiatan ini kata sekda akan dilaksanakan didua tempat yaitu, diPantai Mossing desa Sinei dan kecamatan Parigi.

“Sehingga pada hari Puncak Harkannas 21 November 2022, mulai dari Ceremonial yang dalam hal ini meliputi Panen raya Udang, parade perahu nelayan, serta pengumuman pemenang lomba.” Ungkapnya.

Dalam hal itu Sekda juga mengatakan, agar Pemprov Sulteng memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan kegiatan Harkannas yang akan di selenggarakan diKabupaten Parigi Moutong.

“Kepada pemerintah provinsi agar turut memberi atensi untuk mendukung serta membantu akses dari tugas OPD dalam hal pelayanan tamu dari 34 Provinsi yang akan berkunjung keKabupaten Parimo nantinya.” Kata Sekda.

Pada kesempatan itu, Gubernur sulteng H.Rusdy Mastura, mengatakan, akan memperioritaskan kesiapan anggaran Provinsi untuk mendukung suksesnya gelaran Harkannas diparigi moutong, dan Gubernur akan berupaya semaksimal mungkin untuk menggeser anggaran disetiap OPD terkait diProvinsi, untuk menunjang kegiatan Harkannas diparimo.

“Pemprov sangat menginginkan akselarasi yang mampu membawa percepatan prioritas pembangunan yang ada di daerah, melalui gelaran serta event nasional ini merupakan momentum untuk mensejajarkan kapasitas Sulawesi tengah dengan Daerah lain dibidang pemberdayaan sektor Kelautan dan Perikanan serta pariwisata.” Ucapnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here