Rapat TKPKD serta Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan diParimo, Wabup Badrun Nggai, SE: Kepada OPD terkait,Camat dan Kades agar Lebih Pro Aktif. Foto: Prokopim

Wakil Bupati (Wabub) Badrun Nggai, SE, membuka secara resmi Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), serta evaluasi kegiatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Parigi Moutong tahun 2022. Bertempat di Aula Bappelitbangda, Senin (26/9/2022).

Laporan Panitia yang disampaikan Seniwati, S.S., M.A.P. selaku fungsional perencana Bappelitbangda menyampaikan tujuan rapat ini di gelar untuk melaksanakan koordinasi TKPKD terhadap pengendalian program penanggulangan Kemiskinan di Daerah.

“Dengan mengevaluasi pelaksanaan program percepatan penanggulangan kemiskinan yang telah dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dan mengetahui sistim penanggulangan kemiskinan berbasis anggaran serta memahami secara detail tentang program pemerintah dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim,” Ucap Seniwati saat melaporkan hasil evaluasi dilapangan.

Wabub Badrun Nggai, SE. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tingkat kemiskinan ekstrim dikabupaten Parigi Moutong meningkat 2,63%, yang pada tahun 2021 sebesar 29,94℅, kemudian Pada tahun 2022 sebesar 32,57℅.

“Pemetaan kantong kemiskinan ekstrim di Parimo yang terjadi di 5 Kecamatan yakni Palasa, Tomini, Tinombo selatan, Sidoan dan toribulu, tentunya dalam hal penanggulan kemiskinan tidak hanya sekedar wacana tetapi diperlukan percepatan serta inovasi juga peran dari berbagai pihak secara integrasi.” Ungkapnya.

TKPKD yang merupakan gabungan dari beberapa OPD terkait dan berbagai unsur lainnya agar mampu mendiagnosa kondisi kemiskinan serta kerentanan terhadap masyarakat di kabupaten Parigi Moutong.

“Saya berpesan kepada seluruh pimpinan OPD terkait, Camat dan juga Kepala Desa untuk pro aktif dalam hal penanggulangan kemiskinan ini.” Tegasnya.

Turut menghadiri rapat tersebut, Tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan dari Sekretariat wakil Presiden RI Bapak Edi Safrizal, Akademisi Universitas Tadulako Palu Ibu Rosida P. Adam, SE, M.Si, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Parigi Moutong Faisan Badja, Wakil ketua II DPRD Parigi Moutong Drs. Alfres Tonggiroh M.Si, kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Parigi Moutong Simon, S.Si,MM, Ketua Baznas Kabupaten Parigi Moutong Ir. H. Faisal Pangale, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Parigi Moutong Ibu Najmawati SE,MM.,AK.CA, Camat dan Pimpinan OPD terkait lainnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here