PJ Sekprov Sulteng Rudi Dewanto Kukuhkan Wabup Badrun Nggai Bersama Sekda Zulfinasran, Sebagai Pengurus TPAKD Kabupaten Parigi Moutong. Foto: Prokopim

PJ Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) Dr. Rudi Dewanto, SE, MM, mengukuhkan Wakil Bupati (Wabup) Badrun Nggai, SE, dan juga Sekretaris Daerah (Sekda) Zulfinasran, S.STP, M.A.P. sebagai pengurus Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam sambutannya mengatakan bahwa Forum Koordinasi yang di bentuk, bertujuan untuk meningkatkan TPAKD, serta mendorong pertumbuhan ekonomi, yang bertujuan mensejahterakan rakyat Indonesia.

“Olehnya, saya selaku pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng, dengan rasa bangga menyambut baik, dan juga sangat mengapresiasi pengukuhan TPAKD, Sebab wadah ini berguna untuk meningkatkan koordinasi Inovasi Sinkronisasi antar elemen terkait.” Ucap Rudi Dewanto saat memberikan sambutan pada kegiatan pengukuhan 10 TPAKD Kabupaten, Bertempat Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng. Kamis (22/92022).

Dalam proses peningkatan Literasi dan Akses Keuangan Masyarakat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) berharap dengan adanya TPAKD di Seluruh Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dapat Melawan Rentenir (Melati) ke pelaku Usaham Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kepada TPAKD kabupaten kota ini dapat memberikan solusi dengan melestarikan Kredit Usaha Rakyat (KUR), sebab menurutnya hal ini dapat menjadi kunci tumbuh dan berkembangnya UMKM yang potensial sehingga dapat mengangkat produk produk unggulan Daerah untuk dapat bersaing dengan daerah lainnya.” Tambahnya.

Rudi Dewanto juga mengungkapkan, berdasarkan data yang ada pada Bank Indonesia (BI) hingga pada akhir tahun 2022, yang telah berkontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan di Provinsi Suteng, yaitu sebesar 1%, dan juga pertumbuhan ekonomi Daerah khususnya sebesar 11,7%.

“Saya mengajak kepada para pelaku Bisnis dan semua Stakeholder terkait, agar momentum ini di jadikan sebagai peluang Perspektif untuk memajukan Bisnis sehingga menciptakan daya saing Sulteng di tingkat Nasional.” Ungkapnya.

Sulteng saat ini termasuk dari 6 Provinsi yang disiapkan sebagai Daerah penyanggah Ibu Kota Negara (IKN), olehnya, ia berharap kepada seluruh Bupati agar dapat lebih meningkatkan hasil hasil di sektor pertanian maupun perikanan.

“Lahan-lahan yang masih kosong agar dapat segera dikelola, sehingga dapat meningkatkan hasil hasil pertanian dan perikanan yang berkualitas baik dari segi kuantitas maupun kualitas produksinya.” Tutupnya.

Pada kesempatan itu, Kepala OJK Sulawesi Tengah Triyono Raharjo dalam sambutanya menyampaikan, “menindaklanjuti percepatan pembentukan TPAKD di Provinsi Sulawesi tengah maka pada hari ini tanggal 22 September 2022 akan dikukuhkan 10 TPAKD di beberapa Kabupaten yang sebelumnya telah di lakukan pengukuhan 4 TPAKD Kabupaten diProvinsi Sulteng.” Ucapnya.

TPAKD diProvinsi Sulteng memiliki program unggulan terutama penyaluran kredit, sejauh ini kami laporkan bahwa provinsi Sulawesi tengah telah menggulirkan program kredit Melati, yang diinisiasi oleh TPAKD dan bank Pemerintah Daerah.

“Mendorong untuk menanamkan budaya menabung sejak dini dalam hal ini provinsi Sulawesi tengah menjalankan program satu rekening satu pelajar, yang saat ini telah mencapai sebanyak 544.339 rekening per Juli 2022, berdasarkan hasil survei nasional literasi dan Inklusif keuangan yang dilaksanakan OJK di tahun 2019.” Jelasnya.

Tingkat Inklusif keuangan di Sulawesi tengah telah mencapai angka 84,51%, sedangkan tingkat Literasi keuangan di provinsi Sulawesi tengah telah mencapai sebesar 39,63%.

“Kami berharap TPAKD memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan akses keuangan di Provinsi Sulteng, tentunya akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah.” Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here