WAKIL Bupati Parigi moutong, Badrun Nggai SE memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2022 Polres Parigi Moutong bertempat di halaman  Polres Parigi Moutong, Jumat (22/04/2022).

Hadir dalam Apel gelar pasukan Kapolres Parigi Moutong bersama Unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Selaku Inspektur upacara Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun nggai,SE menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si. Perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari Tradsisi Masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat, olehnya pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan sekaligus menetapkan Cuti Bersama Idul Fitri pada tanggal 29 april dan tanggal 4 sampai dengan 6 mei 2022.

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan Wabup mengatakan kegiatan idul fitri tahun ini berbeda dengan idul fitri tahun lalu, pada tahun yang ni pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Sedangkan kegiatan mudik tidak dilarang dan tudak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan  nasyarakat yang melakukan perjalan mudik.

Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik ditanggapi dengan euforia, hal uni terbukti berdasarkan survey badan litbang kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta Mlmasyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran, walaupun situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali. Walaupun demikian kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan ini sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga menambahkan bahwa kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid-19 dengan terus mnggelar jegiatan Vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April 2022.

Polri dengan dukungan dari TNI,  Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya menyelanggarakan Operasi “Ketupat-2022” yang dilaksnakan selama 12 hari mulai tanggal 28 april 2022 Sampai dengan 9 mei 2022.

Fokus Pengamanan pada masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA,  dan bandara. Nantinya dalam pelaksanaanya, Operasi ini akan melibatkan 144.392 personel gabungan yang berasal dari instansi terkait yaitu Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan Instansi lainnya.

Diakhir sambutannya, Wabup mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Personil TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan oemangku Kepentingan lainnya yang terlibat Dalam Operasi Ketupat 2022, semoga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar.

Pada apel tersebut Wakil Bupati Badrun Nggai,SE juga menyematkan pita Operasi Ketupat 2022 kepada perwakilan pasukan.

Hary Mukti
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here