Pj Bupati Richard Buka Lomba Layang-Layang Palelo Di Bantaya. Foto: Prokopim Parimo
Pj Bupati Richard Buka Lomba Layang-Layang Palelo Di Bantaya. Foto: Prokopim Parimo

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parimo) Richard Arnaldo,SE.,M.S.A, membuka secara resmi Lomba Layang-Layang PALELO Yang di gelar oleh Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA-PP) Kabupaten Parigi Moutong, bertempat di kelurahan bantaya sabtu 04/11/2023.

Lomba Layangan Palelo kali ini di ikuti sembanyak 600 peserta dari beberapa Daerah yaitu Gorontalo, Palu, Bunta dan Parigi Moutong sendiri, yang memperebutkan total bonus lima juta rupiah.

Pj Bupati Richard Arnaldo dalam sambutanya mengatakan saat ini kegiatan menerbangkan layang-layang sangat banyak diminati generasi muda hingga anak-anak, lomba ini merupakan kegiatan yang positif dalam melestarikan olahraga tradisional di Parigi Moutong.

“Jadikan Kegiatan ini menjadi lomba musiman menerbangkan layangan. Saya melihat antusias masyarakat sangat baik terhadap kegiatan ini, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri dibidang olahraga tradisional dan dapat mengurangi aktivitas anak-anak muda untuk bermain Gadget,” ujarnya.

Menurutnya, Saat ini olahraga tradisional mulai luntur keberadaan dan prestasinya, kerena kurangnya pengenalan olahraga tradisional pada anak-anak muda dan juga minimnya jumlah praktisi dibidang olahraga tradisional.

“Saya minta kegiatan sperti ini dapat terus diselenggarakan untuk menumbuhkan sportivitas bagi generasi muda untuk menjaga kelestariannnya dan juga menjadi ajang silaturahmi bagi para penggiat olahraga tradisional,” pintanya.

Richard menambahkan di tahun 2024 Parigi Moutong mendapat kepercayaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui deputi III bidang pemberdayaan olahraga menjadi tuan rumah penyelangaraan Festifal Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (FOTRADNAS),

“Lomba Layang-Layang ini nantinya menjadi salah satu cabang olahraga yang Pemda Parigi Moutong akan usulkan ke kemanpora untuk dilombahkan pada FOTRADNAS tahun 2024, tentunya dengan adanya kegiatan ini dapat terjaring juara-juaranya, nantinya kita akan tandingkan dengan seluruh provinsi di Indonesia,” tukasnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here