Pj.Bupati Richard Arnaldo Membuka Kegiatan Pencanangan Kawasan Sentra Produksi Ternak DiKecamatan Parigi Selatan Foto : Prokopim Parigi Moutong

Pj Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo, S.E., MSA. Membuka kegiatan pencanangan kawasan sentra produksi ternak (KSPT) diKecamatan Parigi Selatan.

Ditetapkannya Kecamatan Parigi Selatan sebagai kawasan sentra produksi ternak, Penjabat (Pj) Bupati Richard Arnaldo juga Sekaligus memberi Sambutanya dikegiatan tersebut, bertempat lokasi sekretariat Kelompok Tani Harapan Baru II, dusun III Gunung Mulya desa SumberSari,Jum’at (15/12/2023).

Richard Arnaldo sebelumnya mengapresiasi kepada dinas peternakan dan kesehatan hewan kabupaten parigi moutong yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka menggali potensi sektor peternakan berbasis kawasan di kecamatan parigi selatan.

Kata Richard, kegiatan pencanangan kawasan sentra produksi ternak merupakan salah satu langkah kongkrit di dalam pengendalian inflasi, penurunan angka kemiskinan ekstrim dan penurunan prevalensi stunting.

Richard juga menghimbau agar opd terkait, serta pemerintah desa, dan stakeholder terutama bagi kelompok peternak agar bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan kawasan sentra produksi ternak.

“Semoga pencanangan KSPT hari ini bisa mewujudkan pembangunan pada sub sektor peternakan, ” Tutur Pj. Bupati Richard.

Ia pun menyebutkan agar kawasan sentra produksi ternak ini menjadi pilot project untuk membentuk kawasan-kawasan sentra produksi ternak lainnya diseputaran wilayah Kabupaten parigi moutong.

“Saya berpesan kepada para penerima Bantuan agar dapat menjalankan program tersebut secara serius dan konsisten, sehingga akan banyak kemajuan dan kesuksesan yang dicapai serta Semakin banyak juga yang akan dihasilkan, ” Imbuhnya.

Selain itu ia mengapresiasi dan menyampaikan bentuk penghargaan kepada pihak universitas tadulako Palu, yaitu melalui dekan fakultas peternakan dan perikanan yang sudah bekerja sama dalam MoU dengan dinas peternakan dan kesehatan hewan Parigi Moutong terkait dalam hal peningkatan kapasitas sumberdaya peternakan dan aktualisasi pengabdian kepada masyarakat.

Normawati M said  SPI M.SC selaku PLT dinas Perternakan dan kesehatan hewan Parigi Moutong pada kesempatanya melaporkan dalam rangka turut serta mewujudkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang adil dan inklusif khususnya disub sektor peternakan, bahwa program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinasnya yaitu untuk meningkatkan produksi pangan asal hewani dan meningkatnya kebutuhan pangan asal hewani.

Kata Norma upaya itu untuk lebih meningkatkan populasi ternak dan produksi daging serta telur dalam hal ini juga dapat membantu daerah bersama menekan angka Inflasi.

Kegitatan pencanangan ini juga di hadiri oleh dekan fakultas perikanan dan Pertanian Untad palu dr  ir Rusdin MP, OPD terkait diantaranya  Plt kadis pertanian Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Parigi Moutong sunarti, Dinas PUPR, Dinas Koperasi dan UMKM.

Sumber : Subag Dokumentasi Pimpinan
Foto & Editor : Yusuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here