Asisten III Yusnaeni, Buka Pelatihan Manajemen Puskesmas Foto : Prokopim Parimo
Asisten III Yusnaeni, Buka Pelatihan Manajemen Puskesmas Foto : Prokopim Parimo

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parimo), Asisten III Bidang Administrasi Umum, Yusnaeni, membuka secara langsung Pelatihan Manajemen Puskesmas tingkat Kabupaten Parimo.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Anutapura pada hari Senin, 6 November 2023 itu, menghadirkan 4 narasumber yakni, Lilik Utami, Hayati Kalla, Nensy F. Dananik dan Nilvana.

Dalam sambutan Pj Bupati yang dibacakan Asisten Yusnaeni, mengatakan Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif.

“Tentunya penguatan pelayanan kesehatan dasar atau primary healthy care, tidak lepas dari dari peran puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), khususnya dalam mewujudkan Kabupaten Parimo sehat dan masyarakat mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu,” ujarnya.

Menurutnya, penting bagi seluruh peserta pelatihan untuk mengikuti secara fokus dan sungguh-sungguh, agar dapat meningkat sumber daya yang baik dan mengerti tentang tata kelola puskesmas dalam meningkatkan mutu pelayanan.

“Karena dalam memperbaiki tata kelola puskesmas sangat dibutuhkan sumber daya yang baik, pelayanan dan kinerja tenaga kesehatan yang baik pula. Pengelolaan puskesmas yang baik akan mampu meningkatkan mutu pelayanan untuk ksehatan masyrakat yang optimal,” kata Yusnaeni.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Daerah (Pemda) sangat mendukung kerja puskesmas dengan harapan terciptanya aparatur kesehatan yang memiliki kompetensi memadai.

“Dengan kompetensi yang memadai, aparatur kesehatan bisa berkontribusi banyak terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terutama diwilayah Kabupaten Parimo ini,” tukasnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here