Pj. Bupati Richard Arnaldo Resmi Tutup Pelatihan Huru Hara Bagi 33 Anggota Dalmas Satpol PP Parigi Moutong Foto : Prokopim Parigi Moutong

Kegiatan Pelatihan Huru Hara (AHH) bagi anggota pengendalian masa (Dalmas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Parigi Moutong resmi ditutup Pj. Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo, SE, M.S.A.

Penutupan Pelatihan Huru Hara kepada anggota Dalmas Satpol PP tersebut ditandai dengan Penanggalan atribut peserta secara Simbolis oleh Pj. Bupati Richard Arnaldo didampingi Kasat Pol PP dan Damkar Nur Srikandi Puja Passau bertempat Aula Rapat Kantor DiKjar Parmout, Jumat (15/12/2023).

Sambutan Pj. Bupati digiat itu mengatakan atas nama pemerintah menyambut baik kegiatan ini, menurutnya Kegiatan pelatihan ini digelar dengan tujuan agar anggota Sat Pol PP mengetahui dan memahami secara jelas tugas dan kewajiban sebagai aparat Pemerintahan.

Richard menyampaikan hal tersebut diinginkan agar demi menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta penegakan peraturan Daerah dan keputusan kepala daerah, selain itu juga bertanggung jawab dalam menjaga aset daerah dan mengetahui bagaimana cara pengendalian Massa Pemilu dan pilkada apabila terjadi permasalahan dalam pelaksanaan Pemilu.

“Dalmas sangat penting Terutama dalam setiap pengamanan unjuk Rasa atau Demonstrasi, Dalmas juga diharapkan dapat mengurangi berkembangnya potensi gangguan (PG), ambang Gangguan (AG) menjadi gangguan Nyata (GN), ” Ujarnya.

Selain itu Dalmas diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan serta dedikasi yang tinggi dalam menganalisa dan memecahkan masalah untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban.

Richard juga menghimbau berkaitan soal pemilu tahun 2024 juga menjadi sebagai salah satu Tugas Pj.Bupati.

“Penyelenggaraan 4 Pil yaitu Pilpres, Pileg, Pilbup dan Pilgub harus berjalan dengan lancar, aman dan tertib, tentu kegiatan Pelatihan ini sangat membantu salah satu tugas utama Pj. Bupati, “ucapnya.

Pelatihan yang telah dilaksanakan merupakan langkah preventif untuk menjaga jaga jika ada hal yang tidak diinginkan tentu Pengamanannya sudah siap.

“Sekali lagi saya berharap Kesatuan Polisi Pamong Praja usai mengikuti Pelatihan ini dapat mensinkronkan kegiatan pengamanan yang dilakukan oleh Satpol PP terutama Jelang Pemilu, ” Tegasnya.

Kasat Pol PP dan Damkar Parmout Nur Srikandi Puja Passau juga menyampaikan Kegiatan pelatihan yang telah berlangsung selama 3 hari, meskipun dengan waktu yang singkat, tentunya akan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, terutama dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban umum diMasyarakat.

Selama kepemimpinanya diSatpol PP Nur Srikandi Puja juga menginformasikan apa yang telah dikerjakan Satpol PP sebagai penegak Perda dimasyarakat meskipun hanya pada tindakan penertiban non yustisi tetap mengedepankan cara yang humanis.

“Terkait kesiapan pemilu tentu harapan Kami dengan kerja sama semua lini sektor baik Kepolisian, TNI juga pihak penyelenggara Pemilu bisa bersama sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban jelang Pemilu tahun 2024 nantinya, ” Tandasnya.

Sumber : Subag Dokumentasi Pimpinan
Foto & Editor : Azwar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here