Ambil Langkah Kongkrit Kendalikan Inflasi, Pemda Parimo Tandatangani MoU Bersama Pemda Bolmut
Pemda Parigi Moutong Tandatangani MoU Bersama Pemda Bolaang Mongodow Utara Ambil Langkah Kongkrit Kendalikan Inflasi. Foto: Prokopim Parimo 

Kunjungan kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam rangka menjalin kerja sama (MoU) dengan Pemda Parigi Moutong (Parimo) untuk mengambil langkah yang konkrit dalam mengendalikan Inflasi di Daerah masing-masing.

Kunjungan Pemda Bolmut tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati, Richard Arnaldo, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Zulfinasran Tiangso, bersama Plt. Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong, Surya Fibrianti Richard, di Auditorium Kantor Bupati, Jumat, 3 November 2023.

Sebelumnya, pada tanggal 30 Oktober, Pj. Bupati Richard bersama Pj. Bupati Bolmut, Sirajudin Lasena, beserta seluruh Pj. Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia mendengarkan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), perihal pengendalian inflasi di daerah.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menghimbau kepada Kabupten/Kota yang berdekatan untuk menjalin hubungan kerja sama. Salah satu tujuan kerja sama antar Pemda tersebut untuk memasok bahan pangan, sehingga komoditas pangan yang surplus disalah satu daerah bisa didistribusikan.

Pj. Bupati Richard dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kunker Pemda Bolmut Ke Parimo tersebut merupakan bagian dari upaya bersama untuk pengendalian inflasi dan menjadi langkah strategis dalam rangka membangun daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dua Kabupaten itu.

“Terkait upaya kerja sama antar daerah, seperti dalam hal memasok bahan pangan, sehingga komoditas pangan yang surplus di satu daerah bisa didistribusikan secara simultan ke daerah lain dan begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Olehnya, Pj. Bupati Richard mengatakan bahwa ada tiga kunci keberhasilan dalam mengendalikan inflasi di daerah, yakni, Sinergi Inovasi dan Konsistensi.

“Ketiganya saling mempengaruhi upaya masing-masing. Dengan kata lain, Inovasi membawa seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan terobosan baru dalam pengendalian pangan. Kemudian Sinergi adalah poin penting untuk menggerakkan semua pihak serta konsistensi untuk memastikan target tercapai,” tukasnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here