Prokopim – Asisten Pemerintahan dan Kesra menghadiri pertemuan penyusunan strategis percepatan pencapaian vaksinasi covid-19 dan penganangan covid-19 yang berlangsu di hotel anutapura Parigi.

Prokopim – Asisten Pemerintahan dan Kesra menghadiri pertemuan penyusunan strategis percepatan pencapaian vaksinasi covid-19 dan penganangan covid-19 yang berlangsu di hotel anutapura Parigi.

Dalam laporan Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Parigi Moutong Asmarafia S.Si,APt mengatakan tujuan kegiatan ini untuk membuat kesepakatan dan strategi dalam percepatan pencapaian target vaksinasi sampai akhir bulan desember 2021 sebesar 70% dan juga memastikan tersedianya logistik (Vaksin) sesuai kebutuhan.

Data vaksinasi pencapaian vaksinasi covid-19 kabupaten Parigi Moutong sesuai data yang ada sama kami pertanggal 8 desember 2021 sudah mencapai 50,85 %. tuturnya

Dikatakannya, dari 23 kecamatan yang ada di wilayah Parigi Moutong yang paling tertinggi vaksinasinya adalah kecamatan Balinggi dengan capaian vaksinasi 78,16% sedangan kecamatan yang terenda adalah kecamatan Toribulu dengan capaian vaksinasi 27,95%.

Berdasarkan capaian tersebut dalam upaya melakukan percepatan vaksinasi tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan sendiri, tapi penting untuk diketahui semua berkat Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong melalui Wakil Bupati Badrun Nggai, SE yang tidak hentinya memberikan support kepada kami, selain itu juga TNI, Polri, jajaran medis dan akademisi para camat dan para kepala desa turut membantu dalam pelaksanaannya. tuturnya

Dengan target penerima vaksinasi juga terus ditingkatkan setiap harinya, melakukan mobilisasi untuk meningkatkan cakupan vaksinasi 70% sampai akhir bulan desember 2021.

Peserta yang mengikuti acara tersebut kurang lebih 54 orang yang terdiri, POLRES , TNI, Kepala OPD berjumlah 5 Orang, Kepala Kementrian Agama, Camat Se-Kabupaten Parigi Moutong, Kepala Puskesmas Se- Kabupaten Parigi Moutong. tutupnya

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Samin Latandu mengatakan selaku Pemerintah Daerah kKabupaten Parigi Moutong mengapresiasi apa yang telah dilakukan dinas kesehata dengan melaksanakan pertemuan penyusunan strategis percepatan pencapaian vaksinasi covid-19 dan penganangan covid-19 di kabupaten Parigi Moutong.

Vaksinasi covid-19 merupakan salah satu langkah krusial yang menentukan kesuksesan kita untuk mengakhiri pandemi ini.

Untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, dibutuhkan 70% penduduk atau sekitar 323.177 penduduk Parigi Moutong yang harus divaksinasi, semakin cepat terlaksana maka akan semakin baik.

Vaksinasi terus diupayakan agar meningkat capaiannya hingga tanggal 31 desember 2021.

HIngga saat ini kita telah melakukan vaksinasi sebanyak 160.437 dosis, upaya percepatan vaksinasi di Parigi Moutong diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan contoh langkah konkrit untuk pencapaian kekebalan komunal berbasis wilayah atau pulau.

Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah akan memaksimalkan fungsi fasilitas pelayanan kesehatan dan sentra vaksinasi dengan menambah lokasi sentra dan tim vaksinator agar 70% penduduk di wilayah kabupaten Parigi Moutong prioritas dapat tervaksinasi di bulan desember 2021.

Diakhir sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs.Samin Latandu berharap dengan capaian sampai saat ini 50 persen, semoga apa yang sudah di targetkan dapat berhasil capaian 70 persen atau lebih di akhir bulan desember 2021 nanti.

Asisten juga berharap kepada seluruh kecamatan yang masih kurang agar terus sosialisasi kepada masyarakat agar melakuakan vaksinasi. ujar samin

Tim Prokopim Setda Kabupaten Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here