Rapat terkait Produksi Gula Aren Parimo dipimpin Wakil Bupati Badrun, Nggai, SE, Foto : Prokopim Parimo

Untuk memenuhi Permintaan Kuota ekspor 16 Ton Gula semut ke Negara Turki, Pihak UMKM MolaMamua mencoba jalin kerja sama dengan para Petani Aren disejumlah wilayah Kecamatan diParimo yang berpotensi.

Permintaan itu disampaikan pada Rapat bersama pihak UMKM Molamamua dengan sejumlah Petani Aren, Para Camat, OPD terkait dan pihak OJK. Rapat tersebut dipimpin Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Moh. Yasir bertempat Ruang Rapat Bupati, Selasa (12/9/2023).

Jein salah satu Supplier dari Pihak UMKM Gula Semut molamamua diforum Rapat mengatakan Pihaknya mendapatkan Permintaan ekspor 16 Ton perbulan dari Negara Turky, permintaan itu dikarenakan hasil Sampel milik petani mereka sudah teruji namun tidak bisa mencukupi kuota yang diinginkan.

Menurut Jein jika semua Para Petani Aren disemua kecamatan yang memiliki potensi Aren Bisa berkolaborasi, tentu menjadi kesempatan yang baik, selain memberikan dampak kemajuan usaha produksinya juga tentu meningkatkan perekonomian bagi petani itu sendiri.

Namun kata jein hal itu juga tentu didukung oleh Pemerintah Daerah, dengan mencoba membangun Central Pengolahan Gula Aren bagi para petani.

“Jika 16 ton perbulan bisa dicapai tentu akan mengangkat brand dari daerah Parigi Moutong, namun yang menjadi prioritas tidak hanya banyaknya jumlah ton yang dihasilkan akan tetapi standar kualitas bahan baku yang sudah diolah menjadi gula semut juga sudah sesuai dan teruji Kualitasnya, mulai dari kadar dan lain lainya, “ucapnya.

Wakil Bupati Badrun Nggai menyampaikan dengan adanya Permintaan tersebut tentu menjadi kesempatan baik bagi masyarakatnya khususnya bagi Para Petani Aren.

Himbau Wabup agar pemerintah Desa bisa memanfaatkan dana Desa dengan mencoba merangsang masyarakatnya untuk berusaha menanam pohon gula aren, menurutnya kesempatan ini sangat baik dan Masyarakat kecil akan sejahtera berkat gula aren.

“Jika budidayanya pohon aren ini dikembangkan, saya yakin masyarakat pasti akan sejahtera dan sudah pasti program dari pemerintah dalam menekan angka kemiskinan ekstrem dikab. Patimo dapat terselesaikan, ” Tuturnya.

Selain itu Wabup menginginkan semua harus berjalan sesuai SOP, dan kedepanya bisa dilakukan MoU. Terkait hal tersebut Wabup meminta kepada Kecamatan serta OPD Terkait agar membuat tempat Produksi gula aren di beberapa titik yang menjadi Zona Produksi gula aren.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here