Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dikab. Parimo resmi dibuka Bunda PAUD Kab. Parimo Dra.Hj.Noorwachida Prihartini S. Tombolotutu Foto : Prokopim Parimo

Peringati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 tingkat Kabupaten Parigi Moutong diHadiri Langsung Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu. Kegiatan tersebut Resmi dibuka Ketua TP PKK yang Juga Selaku bunda PAUD Kab. Parigi Moutong.

sejumlah pejabat Forkopimda, kepala OPD dan ratusan anak yang tergabung dalam forum anak randa kabilasa kabupaten parigi moutong serta terdiri dari tokoh pendidikan dan yayasan peduli anak hadir dalam Peringatan yang diselenggarakan oleh Dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan KB.

Peringatan HAN diParimo tahun 2023 kali ini mengangkat Tema “Sehat anaknya sejahtera rakyatnya”, kegiatan digelar digedung auditorium kantor Bupati sabtu (19/8/2023).

Dalam sambutannya Noor wachida prihartini mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini, serta apresiasi juga kepada Panitia pelaksana dinas P3AP2KB Parimo.

Menurutnya hari anak adalah waktu yang berharga untuk mengingatkan kita bahwa anak anak adalah asset berharga bangsa yang merupakan potensi besar sebagai penerus cita cita perjuangan dan memiliki peran strategis dalam pembangunan, “Terangnya.

Berdasarkan undang undang NO. 4 Tahun 1979 tentang kesejahteraan anak dan pasal 28 B Ayat (2) UUD Tahun 1945 telah menjamin perlindungan pemenuhan hak hak anak agar dapat hidup, dan berkembang dan terlindung dari tingkat kekerasaan dan eksploitasi serta diskriminasi, sejak disahkannya undang undang tentang kesejateraan anak.

Olehnya pemerintah terus meningkatkan pemenuhan kualitas pendidikan dan hak hak dasar anak secara khusus di kabupaten parigi moutong.

“saya menghimbau kepada seluruh Bunda dan ibu mari ambil peranan ini untuk kita membentuk karakter anak menjadi generasi yang memiliki karakter yang kuat, cerdas, sehat dan berahlak mulia sarat akan nilai nilai moral dan agama, ” Tuturnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu Berpesan selamat hari anak nasional dan  Menitip “salam kerinduan penuh cinta” kepada seluruh anak dan Bunda diseluruh penjuru dan pelosok kabupten Parigi Moutong sebagai ungkapan tulus dan kepeduliannya terhadap putra dan putri generasi Daerah ini. “Tutupnya.

Di kesempatan yang sama Sekertaris Dinas P3A2KB, Kartikowati SKM, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa anak Indonesia menempati sepertiga dari total penduduk Indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijamin pemenuhan hak dan perlindungannya, begitupun anak di kabupaten parigi moutong terdiri dari 38 % dari jumlah penduduk yang ada artinya bahwa perlu adanya upaya kongkrit dan kerja nyata dari seluruh element dan lapisan masyarakat dalam menyetarakan hak dasar anak agar mampu menyiapkan generasi yang berkualitas melalui program program pemerintah yang menyentuh lini pendidikan dan kesehatan serta mewujudkan kabupaten layak anak, ‘Tegasnya.

Kegiatan Hari anak nasional kali ini adalah murni terlahir dari inspirasi anak anak yang tergabung dalam Forum anak kabupaten dibawah naungan dan pembinaan dari Dinas DP3A2KB, serta wahana visi Indonesia, yayasan sikola mombine, dan forum anak daerah randa kabilasa kabupaten parigi moutong.

Kartiko mengatakan dengan adanya forum anak ini dibentuk bertujuan untuk wadah penyaluran aspirasi dan memperjuangkan hak serta perlindungan anak membicarakan berbagai visi serta menjadi pelopor terhadap seluruh saluran yang telah disediakan oleh bangsa, dan menjadi pelapor terlibat aktif menyampaikan pendapat/pandangan, “Jelasnya.

Kabupaten Parimo dari jumlah kasus kekerasan pada anak sejak kurun waktu tiga tahun terakhir sejak 2021 – 2023 perbulan juni dari data yang ada sekitar 87 kasus terdiri dari 22 kasus kekerasan fisik, 1 kekerasan psikis, 56 kasus kekerasan seksual, dan 4 kasus penelantaran.

Tambahnya sedangkan untuk kasus pernikahan anak antara kurun waktu tiga tahun terakhir sejumlah 193 kasus. artinya dari data yang ada masih banyak tantangan dan persoalan yang harus diselesaian bersama dan perlu komitmen dan upaya yang sungguh sungguh dalam memperjuangkan hak dan perlindungan anak di kabupaten parimo,”Tegasnya.

Selaku ketua Panitia Forum Anak Parimo Fatir Rahman menjelaskan dalam laporannya bahwa Perayaan HAN dilakukan selama dua hari 18 – 19 agustus 2023 bertempat di dua lokasi yaitu taman seni hasan bahasuwan masigi dan auditorium kantor bupati dengan dimeriahkan berbagai jenis lomba seperti Balok berjalan, piring beregu, tari kreasi, baca puisi, fashion show, dan debat.

Ia menuturkan tujuannya untuk memupuk rasa kebersamaan dan kreatifitas yang bernilai positif melihat nilai potensi yang dimiliki anak anak kabupaten parimo, serta di kegiatan forum anak kali ini menampilkan pameran stand dengan visi dan karakter masing masing yang disebut klaster antara lain klaster 1 adalah hak sipil dan kebebasan, klaster 2 lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative, klaster 3 kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster 4 pendidikan dan budaya, klaster 5 perlindungan khusus, dari kegiatan klaster ini merupakan orientasi belajar yang dikembangan oleh Wahana visi Indonesia.” Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here