Pengguntingan pita UPTD Puskesmas Anuntodea Jono Nunu resmi beroperasi Foto : Prokopim Parimo,

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran Tiangso, bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Irwan, menghadiri sekaligus meresmikan gedung baru Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Anuntodea, Desa Jono Nunu, Kecamatan Parigi Tengah, Jum’at, 18/8/2023.

Puskesmas menjadi pilihan utama bagi masyarakat,”selain menjadi pusat kesehatan yang bisa dijangkau, juga diperuntukkan untuk membantu dan mengakomodir masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan khususnya yang kurang mampu,” ucap Zulfinasran.

Dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, perlu adanya peningkatan akses dalam pelayanan kesehatan dasar.

Peran puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan dijenjang pertama yang terlibat langsung dengan masyarakat.

“Puskesmas ini bertanggung jawab menggerakkan, mengembangkan dan membina masyarakat Desa diwilayah kerjanya agar meningkatkan kesadaran berperilaku hidup sehat,” terangnya.

Ia juga mengingatkan, kepada kepala Desa (Kades) agar segera menindaklanjuti akses jalan untuk pelayanan kesehatan terhadap 5 Desa dari 6 Desa yang ada di Kecamatan Parigi Tengah tersebut.

“Di Kecamatan ini ada 6 Desa yaitu: Petapa, Jono Nunu, Pelawa, Pelawa Baru, Binangga dan Matolele. Berhubung Puskesmas ini ada di Desa Jono Nunu, saya ingatkan kepada Kades agar segera tindaklanjuti terhadap akses jalan terhadap 5 Desa lainnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Sekda Zulfinasran juga meresmikan 2 unit mobil operasional untuk puskesmas Kecamatan Sausu dan Kecamatan Torue.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here