Foto bersama Wakil Bupati H. Badrun Nggai, SE, bersama pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong saat peresmian gedung Public Safety Center 119 Parigi, Senin (13/12/2021). Foto : Prokopim Parigi Moutong

PROKOPIM – Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE menghadiri peresmian gedung Public Safety Center (PSC)119 Dinas Kesehatan Kaupaten Parigi Moutong tahun 2021, kegiatan tersebut di laksanakan dijalan kampali tepat gedung Public Safety Center.(PSC)119 yang berada di kecamatan Parigi, Senin (13/12/2021).

Laporan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, Elen Ludia Nelwan S.Sos,M.Kes mengatakan bahwa keberadaan gedung ini sebagai tujuan nilai kepuasan kepada masyarakat dalam berinteraksi untuk menolong korban penderita secara cepat dan tepat. Gedung ini akan di lengkapi dengan sistem informasi PSC 119 dan tim yang selalu stambay digedung ini kurang lebih 28 orang terdiri 4 Dokter umum 12 orang pegawai 8 orang bidan dan 4 orang non medis serta alat sistem informasih PSC 119 1 unit mobil ambulans, 6 inti komputer lenovo, 1 unit samsung galaxi.

Sementara itu wakil bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE mengatakan bahwa selaku pemerintah mengapresiasi kepada kepala dinas Kesehatan yang telah membangun gedung Publik Safety Center (PSC 119) yang berada di kecamatan Parigi dan Siney.

“Keberadaan PSC 199 merupakan upaya pelayana kesehatan kepada masyarakat lebih baik lagi.” Kata wabup

Wabup juga mengatakan sebagaimana dimaksud dalam peraturan menteri kesehatan nomor 19 tahun 2016 tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, bahwa pusat pelayanan keselamatan terpadu atau public safety center (PSC) adalah pusat pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan.

Public safety center 119 kata wabup berperan pada pra fasilitas pelayanan kesehatan dan wadah koordinasi untuk memberi pelayanan gawat darurat dengan pelayanan kesehatan yang cepat, tepat, cermat dan profesional.

Untuk itu, dengan adanya gedung PSC 119 ini, apabila di masyarakat terjadi kegawatdaruratan, seperti kecelakaan maupun masyarakat yang sakit parah berada dirumah ingin dirujuk ke rumah sakit atau keadaan lainnya, dapat menghubungi call center 119 maka tenaga kesehatan akan segera melakukan tindakan dengan cepat dan akurat, sebab public safety center bisa memberikan pertolongan kegawatdaruratan prarumah sakit, sehingga masyarakat bisa mendapatkan respon cepat dengan semua sarana prasarana pendukungnya berupa gedung, ambulans serta mobil jenazah.

Dengan diresmikannya pusat pelayanan keselamatan terpadu atau public safety center ini kiranya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta dapat memberikan manfaat kemudahan dalam hal pelayanan kesehatan.

Selain itu juga diharapkan, kasus-kasus yang menyangkut gawat darurat pra rumah sakit dapat terlayani dengan baik, sehingga angka kematian dan kecacatan dapat ditekan seminimal mungkin. Tutur wabup

Selanjutnya, wabup berpesan kepada semua pihak agar turut memelihara gedung psc ini, sehingga petugas dapat memberikan pelayanan dengan baik, dan masyarakat dapat merasakan manfaat kemudahan dalam hal pelayanan kesehatan.

Wabup juga menyampaikan terkait upaya kita menekan angka penyebaran virus covid-19 khususnya di kabupaten Parigi Moutong.

Kata wabup, vaksinasi covid-19 merupakan salah satu langkah krusial yang menentukan kesuksesan kita untuk mengakhiri pandemi ini, untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, dibutuhkan 70% penduduk atau sekitar 323.177 masyarakat yang telah di vaksin, namun hingga tanggal 12 desember 2021 jumlah masyarakat yang di vaksinasi baru mencapai 55%.

“Mari kita mengajak semua kerabat, keluarga untuk melaksanakan vaksin Covid-19 dengan lengkap sehingga virus ini dapat terhindar dari diri kita dan keluarga.” Harap wabup

Yusup
TIM DOK PIMPINAN BAG PROKOPIM SETDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here