Bupati Samsurizal Tombolotutu Melakukan Kerjasama Multi Sektoral Di Pohuwato. Foto: Prokopim Parimo

Mengawali agenda kerja paska pencanangan Parigi Moutong sebagai Kabupaten Durian, Bupati Samsurizal lakukan gerak cepat menyambangi sejumlah Kabupaten di Provinsi Gorontalo salah satunya Pahuwato Daerah yang berbatasan langsung diujung utara kabupaten Parigi Moutong ini, guna menjajaki kerjasama multi sektoral dalam lawatan kali ini adalah tindak lanjut dari hasil kunjungan Pemda Pahuwato yang lebih dulu datang dibumi songulara mombangu bersama seluruh Stacholder yang ada baik eksekutif dan legislatif.

Bupati Samsurizal Tombolotutu bersama rombongan Pemerintah Daerah melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Pahuwato, Provinsi Gorontalo, Senin 07 agustus 2023, membahas sejumlah isu strategis terkait rencana kerjasama antara kedua daerah yang ditandai dengan penendatangan sejumlah MOU oleh masing masing Kepala OPD, diantaranya Bidang Pembangunan kesehatan, pertanian, perhubungan, ketahanan pangan, dan penegakan Perda melalui satuan polisi pamong praja.

Dengan adanya kerjasama antara kedua daerah ini diharapkan membawa perubahan besar terhadap iklim investasi dan arah politik yang dinamis guna mensejajarkan kesejahteraan masyarakat dalam menjawab tantangan pembangunan nasional dan global, kedua kepala daerah dengan pandangan serta visi dan misi yang sama sehingga menguatkan langkah untuk bersama sama secara terbuka mengatur kewenangannya dalam pelaksanaan kerjasama multi sektoral berdasarkan persamaan hak otonomnya.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan kali ini secara prinsip dituangkan ke penandatanganan MOU antara lain:

1.Pembangunan Bidang Pertanian yang bertujuan mensinergikan program program pertanian melalui peningkatan sumberdaya manusia dan saran prasarana pendukung lainnya.

2. Pembangunan Bidang Perhubungan yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan public moda transportasi darat dan laut guna mensejahterakan masyarakat.

3. Pembangunan Bidang ketahanan pangan yang bertujuan meningkatkan perekonomian serta stabilisasi pasokan harga pangan seperti bahan pokok kebutuhan dasar komoditi beras, bawang merah, cabe, sayuran dan lain lain, fasilitasi pelaku usaha, informasi harga dan pasokan.

4. Pembangunan Bidang Kesehatan yang bertujuan memberikan jaminan dasar hukum terhadap rujukan bagi masyarakat parigi moutong yang tidak termaksud dalam database JKN/BPJS di Rumah Sakit Bumi panua pahuwato, pasien rujukan dengan rawat jalan, rawat inap, pemberian obat generic, laboratorium darah dan seluruh komponen yang berhubungan dengan pengobatan bagi masyarakat yang kurang mampu, serta tariff dasar kelas 3 kepada masyarakat.

5. Pembangunan Keamanan dan ketertiban umum Satuan polisi pamong praja dalam penegakan PERDA, yang bertujuan untuk sinkronisasi serta perlindungan kepada masyarakat, dengan melakukan operasi bersama dalam penegakan PERDA, pertukaran data dan informasi, patrol bersama diwilayah perbatasan, dan penyelesaian konflik.

Dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien serta saling menguntungkan antar daerah, perlu dibentuk Perjanjian Kerja Sama tentang Fasilitasi Pengembangan di 5 (lima) Sektor.

Perjanjian kerja sama ini sebagai bentuk mensinergikan program-program pembangunan antar Pemda Parigi Moutong Bersama Pemda Pohuwatu dalam mendukung peningkatan perekonomian serta stabilisasi di kedua Daerah.

Ruang lingkup kerja tentang fasilitasi pengembangan Pangan meliputi beberapa hal, diantaranya, fasilitasi untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan khususnya komoditi beras, bawang merah, cabai dan tomat, peningkatan sumber daya manusia di bidang Pangan, serta fasilitasi informasi pasokan dan harga.

Tentunya, kedua Daerah memiliki Hak dan Kewajiban yang sama yaitu, saling mendapatkan informasi tentang potensi pasar domestik dan regional. Dan berkewajiban untuk memberikan informasi terkait potensi, produksi dan ketersediaan bahan pangan.

Pada kesempatan itu, Samsurizal menegaskan, diakhir masa jabatannya menginginkan rencana strategis yang telah dibangun ini sebagai momentum bersama untuk dapat dilanjutkan pada masa kepemimpinan Bupati yang akan datang, bahwasanya, apa yang telah ia lakukan dapat dimaknai secara menyeluruh sebagai dasar dalam melakukan arah kebijakan Pemda Parigi Moutong dalam hal investasi dan kerjasama antar daerah.

Turut mendampingi Bupati Parigi Moutong, Ketua TP-PKK, Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah dijajaran Pemda Parigi Moutong.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here