Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu Menghadiri Pembukaan Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Nasional. Foto: Prokopim Parimo

Kejuaraan terbuka Panjat Tebing Skala Nasional resmi dibuka staf ahli Bidang ekonomi dan pembangunan Dr. Farid R Yotolemba. Turut Hadir Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu.

Sebanyak 76 atlet Putra – Putri dari enam Provinsi se Indonesia berlaga dalam ajang Kejurnas Panjat Tebing yang diselenggarakan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Parigi Moutong, bertempat Wall Climbing alun alun Kantor Bupati, Kamis (3/8/2023).

Enam Provinsi diantaranya DKI Jakarta, bengkulu, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah, dengan mengikuti tiga Kategori Lomba yaitu Kategori Lead se Sulteng, Kategori Boulder dan Kategori Sped WR.

Sambutan Gubernur Pada pembukaan event tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Ekonomi dan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Farid R Yotolemba mengatakan pekan olahraga panjat tebing Nasional merupakan moment penting bagi seluruh atlet yang tergabung dalam Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), event ini tentu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh atlet panjat tebing di sulteng untuk lebih menunjukkan potensi mereka dalam berolahraga.

“Mewakili Gubernur sulteng saya mengapresiasi Pemda Parimo telah menjadi Tuan Rumah dalam melaksanakan perhelatan panjat tebing Nasional, hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah Sulawesi Tengah dengan terlaksananya event skala nasional seperti saat ini, ” Ucapnya.

“kejuaraan ini, tidak hanya dijadikan sebagai ajang Lomba untuk mendapatkan medali dan tropi semata, akan tetapi diharapkan dapat membangun semangat kebersamaan dan sportivitas antar insan bagi para atlet panjat tebing, ” Himbaunya.

Farid R Yotolemba menuturkan bagi peserta Lomba juga menjunjung nilai-nilai fair play yaitu saling menghargai satusama lain, tidak hanya dalam arena melainkan juga diluar arena.

“Saya berharap dengan event kejurnas panjat juga menjadi ajang pembelajaran bagi peserta atlet dalam persiapan menuju PraPon dan PON tahun 2024 tahun depan.

Sekertaris Umum FPTI pusat F. Hendricus Mutter dalam kesempatanya juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kejuaraan terbuka panjat tebing nasional diKab. Parigi Moutong.

Apresiasi setinggi tingginya juga kepada pemda Parigi Moutong sebagai tuan rumah penyelangara. Tentunya hal ini manjadi sebuah cambuk bagi parah pelaku olahraga panjat tebing di sulawesi tengah dengan telah dibuktikan bahwa atlet panjat tebing diprovinsi Sulteng juga pernah mendapatkan predikat Juara empat di Indonesia dikategori Junior dan Muda-mudahan prestasi yang membanggakan tersebut dapat dipertahankan seterusnya.

Ia menambahkan bahwa melihat potensi Bibit atlet Panjat tebing juga banyak di parigi Moutong. Dengan melihat potensi yang ada saya yakin atlet Parimo juga khususnya di provinsi Sulteng akan menjadi atlit kelas dunia nantinya.

Turut hadir ketu DPR Parigi Moutong, Sekum koni Sulteng, Ketua Koni Parimo, pengurus FPTI Sulteng, Unsur Forkopimda Parimo dan Opd pemerintah Parimo.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here