Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu Rapat bersama Pihak BPN Parimo dan Camat serta Kepala Desa terkait Program PTSL Foto : Prokopim Parimo

Bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Parigi, Bupati Samsurizal Tombolotutu ingatkan Pemdes tak terlibat Pungli dalam membantu pengurusan Sertifikat Tanah dimasyarakat dan melancarkan kerja pihak BPN parimo dalam mempercepat program PTSL ditahun 2023.

Disampaikan Bupati Parimo pada saat memimpin Rapat bersama Kepala Kantor Kakan) Pertanahan Kabupaten Parimo Basuki Raharja A.Ptnh, SH, M.Hum serta Camat dan Kades terkait dirumah Jabatanya (Rujab), Rabu (2/8/2023).

Terangnya mengatakan Kades dapat Membantu masyarakat untuk membuat sertifikat tanah tanpa mengeluarkan biaya banyak dan meminimalisir jarak tempuh masyarakat yang mau mengurus sertifikat tanah dikantor Pertanahan. Hal ini untuk memudahkan agar pengurusan sertifikat tanah dimasyarakat lebih cepat terselesaikan ditahun ini.

menurutnya dengan adanya program PTSL langsung dari Pemerintah Pusat ini dapat memudahkan Masyarakat, selain itu Pihak BPN dalam melakukan Pengukuran kembali bisa terbantu Proses Kerja dilapangan.

“Kurang lebih 2 ribu Sertifikat tanah telah berhasil ditahun lalu, hal ini membuat Kabupaten kita  telah berhasil menjalankan Program Pemerintah Pusat dan salah satu kabupaten yang berhasil menaikkan angka Jatah PTSL naik menjadi 7 ribu, ” Ucap Bupati.

Ia pun mengapresiasi kinerja pihak BPN sampai ke titik ini telah berhasil mensukseskan program tersebut, selaku Bupati tentu hal ini perlu ditekankan kembali kepada para Kades untuk ditahun ini agar mempermudah akses masyarakat dalam mengurus segala administrasinya tanpa membuang biaya besar dan mengganggu aktifitas masyarakat yang ingin mengurus sertifikat tanahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN kab. Parimo Basuki Raharja A.Ptnh, SH, M.Hum saat di temui usai kegiatan berlangsung mengatakan bahwa dalam program PTSL di kab. Parimo untuk tahun ini targetnya adalah sejumlah 7.347.003 bidang tanah dan data yang telah terigistrasi baru terpenuhi sejumlah 1.500 bidang tanah.

“Program utama kami untuk PTSL dikab. Parimo tahun ini harus secepatnya terselesaikan tentu bekerja sama dengan pemerintah Desa dalam hal kelancaran tugas Kami, ” Tuturnya.

“Tujuan dilaksanakan Rapat ini bersama Bupati, Kepala Desa ikut terlibat soal data bidang tanah dimasyarakatnya, dan tanpa adanya dukungan dari Kepala desa, Capaian target dari program PTSL ini akan terhambat, ” Terangnya.

“saya berharap dengan adanya bantuan dari para kepala desa nantinya tahun ini bisa tercapai angka PTSL tersebut, kalau bisa capaiannya lebih meningkat lagi seperti tahun tahun kemarin, “imbuhnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here