Kurang lebih 130 tenaga Pendidik Non Sarjana menyaksikan prosesi MoU pemda parimo dengan UT Palu sekaligus mendapatkan sosialisasi terkait kelanjutan Belajar ke Strata satu (S1) Foto : Prokopim Parimo

Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo) melakukan kesepakatan bersama melalui Penandatanganan (MoU), dengan Universitas Terbuka (UT) Palu tentang kerjasama dibidang pendidikan, guna untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi Tenaga Pendidik di wilayah Kab. Parimo.

Penandatanganan (MoU) dilakukan oleh Bupati Parimo, H. Samsurizal Tombolotutu dengan Direktur Universitas Terbuka (UT) Palu Wijarnarko SP, M. Si, tersebut berlangsung di Rumah Jabatan Bupati, pada hari Sabtu, (29/7/2023).

Usai kegiatan berlangsung Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab. Parimo Sunarti S.Pd, M.Pd yang juga selaku OPD Teknis yang menangani bidang pendidikan mengatakan Pemerintah Parimo melakukan kesepakatan bersama melalui penandatangan (MoU) ini juga menjadi salah satu program Pak Bupati untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi guru – guru PNS di kab. Parimo yang belum mendapat gelar serjana S1 atau yang ingin melanjutkan pendidikan.

Tujuan MoU dimaksud agar Bagi tenaga Pendidik tetap mendapatkan izin menjadi pengajar bagi yang belum mendapatkan gelar sarjana S1, bentuk perhatian Pemerintah terhadap tenaga pendidik yaitu guru – guru untuk bisa meneruskan jenjang pendidikanya.

Tak hanya mereka yang mulai dari awal untuk masuk perkuliahan ucap Sunarti, akan tetapi mereka yang berhenti tidak bisa melanjutkan smester dikarenakan kendala ekonomi, pemerintah daerah parimo akan membiayai di UT Palu tersebut sampai dengan pasca sarjana.

“rencananya pada bulan September tahun ini akan memulai perkuliahan tersebut, dengan tahapan awal sebanyak 130 peserta mahasiswa yang terdiri mulai dari Guru Paud, guru SD dan guru SMP, ” Jelasnya.

“Dalam program perkuliahan awal ini juga diprioritaskan guru honor yang mengabdi di sekolah wilayah terpencil, ” Ucapnya.

Sementara itu, Bupati, H. Samsurizal Tombolotutu usai melakukan pendatanganan (MoU) tersebut, menyampaikan ungkapan terima kasih atas terjalinnya kerjasama dengan Pihak Universitas Terbuka (UT) Palu.

Kata Bupati dengan terjalinnya kesepakatan antara pihak pemda parimo dengan UT Palu ini dapat mempengaruhi untuk pengangkatan P3K bagi guru – guru yang masi menyandang status honorer di sekolah wilayah terpencil.

“Untuk melanjutkan pendidikan dan mendapatkan gelar sarjana S1 maka program ini menjadi salah satu solusinya, ” Ujar Bupati.

Selain itu himbaunya untuk guru PNS yang belum mendapatkan gelar Starata satu (S1) tetap mendapatkan izin menjadi pengajar, karena ini menjadi satu sayarat agar tetap diizinkan menjadi tenga pendidik.

Bupati berharap Semoga dengan dilakukan MoU ini dapat meningkatkan mutu serta kualifikasi pendidikan bagi Tenaga Pendidik di seluruh wilayah Kab. Parimo.

Turut hadir dalam penandatangan Mou, Kepala Bappelitbangda Parimo, Irwan, S.KM., M.Kes, Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Rizal, SPd, MSi dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab. Parimo Sunarti S.Pd, M.Pd.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here