Wabup Badrun Nggai di Dampingi Sekda Zulfinasran, Pimpin Langsung Atlet Kab. Parimo Pada Pembukaan PORPROV Ke IX Di Banggai. Foto: Prokopim/Steven

Wakil Bupati Badrun Nggai bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Zulfinasran, Pimpin Langsung Atlet Kabupaten Parigi Moutong (Kab. Parimo) pada Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sulawesi Tengah (Sulteng) ke IX tahun 2022, dikawasan bukit Halimun, Kabupaten Banggai, Sabtu (10/12/2022).

Bertindak sebagai pembina upacara sekaligus membuka dengan resmi PORPROV ke IX diBanggai, Wakil Gubernur (Wagub) Ma’mun Amir.

Selaku Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Porprov Sulteng Kab. Banggai, Syarifudin Abas, dalam laporannya mengatakan, pergelaran Porprov Ke IX di Banggai ini mempertandingkan 24 cabang olahraga (cabor) dan 27 kategori cabor. Dengan jumlah keseluruhan Kontingen Kabupaten/Kota yang turut serta berpartisipasi sebanyak 4.437.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin dalam sambutannya menyampaikan, kami atas nama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Banggai mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen Kabupaten/Kota se Sulteng yang hadir. Menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan Kabupaten Banggai bisa menjadi tuan rumah Porprov Sulteng ke IX tahun 2022 ini.

“Semoga seluruh Kontingen Se Kabupaten/Kota dan para undangan yang turut hadir pada pembukaan ini mendapatkan kenyamanan serta kepuasan di Kota yang sering disebut banyak orang seperti Kota Hongkong di malam hari,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan Porprov Ke IX ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang untuk berkompetisi, namun juga menjadi salah satu wadah untuk terus mempererat tali silaturahmi, persatuan dan kesatuan kita seluruh masyarakat Sulteng.

“Olehnya, saya sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung serta turut mensukseskan pelaksanaan Porprov Ke IX di Banggai ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng M. Nizar Rahmatu, dalam sambutannya mengatakan, mari kita bersama-sama mensukseskan Porprov ke IX tahun 2022 di Kota Air, Kabupaten Banggai ini. Event olahraga ini sudah bukan hanya Porprov. Namun, sudah level PON.

“Sehingga, saya berharap, insyaAllah ke depan Sulteng jadi tuan rumah PON, khususnya di Kabupaten Banggai. Banggai Sambatu, Pakaroso,” harapnya.

Wagub Ma’mun Amir, dalam sambutannya mengungkapkan, pada situasi pandemi covid-19 yang melanda dunia, sehingga pergelaran Porprov Ke IX Sulteng ini sempat terkendala.”Namun, Alhamdulillah pada malam ini kita bisa membuka event Porprov Ke IX ini dengan meriah,” terangnya.

Pada PON diProvinsi Aceh tahun 2024 nanti, lanjut Wagub Menjelaskan, melalui Porprov ini akan diperoleh atlet atlet yang berprestasi Sulteng. Dan nanti tetap akan diupayakan untuk bisa diikutkan pada ajang PON nantinya.

“Saya berharap kepada seluruh Bupati dan walikota di Sulteng, untuk lebih mengutamakan pembinaan atlet secara berkesinambungan. Dan yang lebih penting lagi, potensi atlet harus benar benar murni atau asli anak daerah, sehingga nantinya dapat membanggakan nama daerah di tingkat PON nantinya,” tandasnya.

Di lanjutkan dengan penekanan tombol oleh Wagub Ma’mun Amir, yang secara resmi membuka Event PORPROV Ke IX di Banggai ini.

Turut hadir, Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Se Sulteng, Walikota Palu atau yang mewakili, Wakil Ketua TP-PKK Se Kabupaten/Kota, Wakil Kapolda Sulteng, unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota, seluruh Kontingen Kabupaten/Kota se Sulteng, beserta undangan lainnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Parimo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here