Penyambutan Secara adat Metri KP RI SAKRI WAKYU TRENGGONO. Foto: Prokopim/Azwar

Menteri KP RI Sakti Wahyu Trenggono Kagum dengan Pertunjukan Parade Perahu Tradisional  digrand Opening Ceremony pada peringatan Hari Puncak Harkannas ke 9 yang dilaksanakan diPantai Mossing Desa siney kecamatan Tinombo, Senin (21/11/2022).

Hal itu diungkapkan Sakti Wahyu Trenggono pada saat menyampaikan sambutannya dihadapan semua para tamu kehormatan dan juga masyarakat yang berkunjung langsung dipusat lokasi pelaksanaan Harkannas desa siney.

“terus terang saya kagum karena ini merupakan kearifan lokal masyarakat secara turun temurun dan masih terjaga hingga saat ini,” ujarnya.

Selain itu Sakti Wahyu Trenggono juga mengatakan wilayah Sulteng begitu kaya akan alamnya juga khususnya pada potensi ekonomi dari sisi kelautanya tambahnya mengatakan dirinya sangat mendukung sektor perikanan diparimo sebagai tulang punggung ketahanan pangan dan pemenuhan gizi nasional, ia juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ikan karena menurutnya ikan merupakan bahan pangan berprotein tinggi dan menyehatkan untuk dikosumsi keluarga.

“kita harus terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai sumber protein utama, guna mencetak generasi unggul berkualitas sebagai calon penerus bangsa, Terlebih Indonesia sebagai negara maritim, kaya akan sumberdaya ikan dan diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional,” ujar Trenggono

Dalam Puncak Harkannas ke-9 kali ini, KKP mengusung tema ‘Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul’. Trenggono mengungkapkan peringatan Harkannas kali ini spesial karena pertama kalinya diselenggarakan di luar Jawa, yakni di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Sedangkan puncak peringatan Harkannas diisi dengan beragam rangkaian acara diPantai Mosing Beberapa di antaranya, tanam mangrove, bersih pantai, parade paralayang, parade perahu nelayan, penyerahan hadiah pemenang lomba dan peluncuran logo baru Gemarikan, Ada juga kegiatan pemecahan rekor MURI penanaman mangrove dan bersih pantai sebagai bagian dari program Bulan Cinta Laut.

Ia berharap peringatan Harkannas ke-9 ini menjadi stimulus bagi daerah lain dalam membangun ketahanan pangan berbasis hasil perikanan dukungan Kabupaten Parigi Moutong dalam gelaran Harkannas Tahun ini diharapkan menjadi tolok ukur baru dalam pelaksanaan Harkannas di tahun berikutnya.

“Setiap daerah berpeluang menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Ikan Nasional untuk memasyarakatkan makan ikan dan memberikan efek pengganda menggerakkan sektor-sektor ekonomi bidang kelautan dan perikanan dan bidang pendukung lainya didaerah,” Tuturnya.

Dalam momen Harkannas kali ini, Trenggono juga mengajak masyarakat untuk turut merayakan Harkannas, baik secara daring maupun luring. “Saya berharap peringatan Harkannas ke-9 ini dapat terus memperkuat peran dan sinergi semua pihak dalam peningkatan ketahanan gizi dan pangan melalui pemanfaatan sumber daya ikan secara optimal dengan tetap berkomitmen pada pengelolaan yang berkelanjutan, agar generasi yang akan datang, anak cucu kita nanti dapat terus mengonsumsi ikan,” tutupnya.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here