Wabup Badrun Nggai Saat membuka kegiatan FGD tentang penyususnan Revisi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Foto: Prokopim/ Didi Rahmat

Dinas pekerjaan umum penataan ruang dan pertanahan kabupaten parigi moutong (kab. Parimo) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Revisi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di wilayah perkotaan parigi, kab. Parimo, bertempat di ruang pertemuan Hotel Oktaria, kelurahan Masigi, Parigi. pada hari kamis (11/5/2023).

Kegiatan FDG tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Parimo H. Badrun Nggai SE dan diikuti semua perangkat pemerintah serta tokoh masyrakat yang ada di parigi, dalam rangka untuk konsultasi publik guna memberikan masukan dan tahapan perbaikan serta penyempurnaan tata ruang, sehinggah tujuan Penataan Ruang dapat terwujud diantaranya, mengoptimalkan instrumen yang berada dalam sistem penataan ruang, mewujudkan pola ruang yang produktif agar penataan Kota dapat tumbuh, berkembang sesuai dengan potensi dan permasalahan yang ada serta sebagai wadah dari berbagai kepentingan yang kompleks, yang dilatar belakangi berdasarkan Perda RDTR Nomor 7 tahun 2014 yang masa berlakunya sudah mencapai 9 tahun di revisi setiap 5 tahunnya.

Wabup Badrun Nggai, dalam sambutannya mengatakan bahwa tata ruang merupakan susunan pusat pemukiman dan sistem penjaringan sarana dan prasarana yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyrakat serta retribusi peruntukan ruang dalam satu wilayah.

Seperti kita ketahui bersama alasan pentingnya menyusun dokumen rencana detail tata ruang diantaranya yaitu, membantu mengatur penggunaan lahan dan mencengah penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukan suatu wilayah. dengan demikian rencana detail tata ruang guna keberhasilan pembangunan wilayah, pengurangan konfik, penghambatan investasi serta pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Olehnya Mengingat pentingnya kegiatan ini, untuk itu Wabup berharap semoga Revisi RDTR ini dapat berjalan dengan baik dan dapat dilaksanakan oleh pemerintah bersama – sama dengan masyarakat agar terciptanya wilayah yang indah, tertata dengan baik bahkan dapat membawa Income bagi Daerah.

Dalam kegitan tersebut turut hadir narasumber Bapak Renko Direktur PT. Plano Engineering Consultant dan Bapak Syamsuri Satria Tim Leader PT. Plano Engineering Consultant, para Kepala Pimpinan OPD, Para Camat, Lurah serta Kepala Desa di wilayah Parigi.

Sub. Dokumentasi Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here