Wabup resmi membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik penyusunan Dokumen RPD tahun 2024 – 2026. Foto: Prokopim/Yusup

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Parigi Moutong (Parimo) gelar kegiatan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2024-2026.

Kegiatan tersebut resmi dibuka Wakil Bupati Badrun Nggai, SE dan diikuti seluruh OPD, Para Camat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong serta Ketua KNPI, TP-PKK.

Sambutanya Wakil Bupati menyampaikan memasuki tahun 2023 menjadi tahun penting diucapkanya karena berkaitan dengan berakhirnya RPJMD maka berakhir juga masa jabatan bupati dan wakil bupati. olehnya perlu adanya forum khusus untuk menyiapkan rencana daerah tahun 2024-2026 ini sebagai upaya untuk mengisi kekosongan dokumen perencanaan menengah kabupaten parigi moutong, sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri nomor 52 tahun 2022.

Dokumen rencana pembangunan daerah (rpd) kabupaten parigi moutong tahun 2024-2026 disusun dengan maksud untuk menyediakan sebuah dokumen perencanaan pembangunan menengah daerah yang akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (rkpd), rencana strategis perangkat daerah (renstra pd) dan rencana kerja perangkat daerah (renja pd).

Besar harapan wabup mengatakan melalui forum ini dapat dijadikan tonggak bagi pemerintah daerah agar selalu berkoordinasi antar instansi pemerintah, masyarakat dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan dalam memformulasikan prioritas program serta kegiatan pembangunan sesuai kebutuhan.

Wabup mengingatkan kembali bahwa didalam forum tersebut nantinya seluruh perangkat daerah harus memperhatikan prioritas program dan kegiatanya dengan mempertimbangkan baik aspek fungsi dan wewenang maupun kemampuan pembiayaan, sehingga dengan cepat mensinergikan sumber dana baik dari pusat (apbn), APBD provinsi maupun APBD kabupaten parigi moutong.

“Saya harap Melalui forum ini semua bisa kerjasama dengan baik, sehingga dalam proses pembangunan dapat berjalan lancar dan harmonis menuju kabupaten parigi moutong terdepan ditahun 2024-2026.”harapnya.

Kesempatan itu juga disampaikan oleh sekretaris Daerah Zulfinasran S.STP, M.A.P, ia mengatakan terkait dengan penyusunan kali ini perlu mendapatkan perhatian serius dari para pemangku kepentingan khususnya para kepala OPD agar benar benar serius dan pro-aktif memberikan masukan positif dan konstruktif dalam rangka menghasilkan RPD yang berkualitas, agar pengelolaan dan penggunaan anggaran yang ada di Perangkat OPD bisa berjalan dengan efektif dan dapat di lakukan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,ā€¯ucapnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here