Diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulteng ‘ Badrun Nggai Wakil Bupati Parimo Terima Piagam Penghargaan Pengendalian Aids. Foto: Biro Adpim Provinsi Sulteng

Badrun Nggai, Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo) menerima Piagam penghargaan tersebut secara langsung dari Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir yang juga selaku Ketua KPA Provinsi Sulteng.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui KPAP Sulteng memberi penghargaan kepada Ketua KPA (Komisi Penanggulangan Aids) kepada pemerintah Kota palu, dan 3 Kabupaten serta pemberian Penghargaan kepada Gubernur Sulteng Drs H.Longki Djanggola.M.Si Periode 2011-2021.

Penyerahan Piagam penghargaan tersebut diberikan tas komitmen berperan aktifnya serta upaya dalam pengendalian HIV AIDS selama 10 tahun secara berturut turut.

Adapun pemberian Penghargaan tersebut diantaranya Gubernur Sulteng Periode 2011-2021, Ketua KPA Kota Palu, Ketua KPA Kab. Parigi Moutong, Kab. Sigi dan Kab.Banggai.

Kegiatan dilaksanakan juga dalam rangka peringatan Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, dan dalam kegiatan tersebut KPAP Sulteng juga menggelar beberapa kegiatan diantaranya diawali dengan Senam Pagi Sehat, dan Pemberian Doorprize dilokasi Taman Gor Palu Selasa, (6/12/2022).

Sambutan Wakil Gubernur Sulteng Drs.H.Ma’Mun Amir pada kegiatan tersebut mengatakan untuk menekan Penyakit HIV AIDS dimasyarakat harus dengan cara intensif serta Comprehensive.

“Ini harus menjadi perhatian penting bagi unsur pemerintah, pegiat sosial hingga masyarakat luas sehingga pencegahan penyebaran virus HIV maupun penanganan kepada para pasien dapat berjalan berdasarkan perencanaan yang baik sesuai dengan tema ‘Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS. “Ucap Wagub.

“Jadi tidak sekadar peringatan saja. Saya ingin ada sebuah referensi, dengan perencanaan dari hulu ke hilir.” Jelasnya.

Tambahnya menyampaikan ini harus benar benar lebih diPelajari apa saja kemungkinan besar yang bisa terjadi, dan hal ini juga dapat dimulai dari melakukan pengambilan sampel darah disekolah sekolah agar diketahui yang dapat terdeteksi, sehingga kita nantinya bisa konsentrasi menyelesaikan masalah” tuturnya.

Wagub juga menghimbau kepada generasi muda agar bisa menjauhi pergaulan bebas, ini dimulai dari diri kita sendiri dan menjaga lingkungan, sehingga persoalan Aids ini tidak berkembang dan berkelanjutan dan tentunya harapan kita kedepan kasus HIV Aids diSulteng dapat ditekan diangka Nol.” tutupnya.

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai menyatakan Kabupaten Parimo telah berhasil meraih Piagam penghargaan atas komitmen dalam pengendalian HIV AIDS selama 10 tahun berturut turut.

Kata Wabup penghargaan yang didapatkan tidak semata mata dengan kepuasan akan tetapi sebagai motivasi untuk terus bergerak dan tidak berhenti untuk melakukan sosialisasi tentang penanggulangan Hiv dan AIDS secara komperhensif dan semakin gencar melakukan pemeriksaan tes sukarela kepada masyarakat kita yang masuk dalam 8 populasi kunci melalui Warga Peduli AIDS (WPA) yang ada di desa dan kecamatan.

Dikatakannya 8 populasi kunci saat ini yang harus dijangkau dan diperiksa dalam status HIV nya yaitu sesuai standar pelayanan Minimal Bidang Kesehatan diantaranya Ibu Hamil, Orang dengan Infeksi Menular Seksual (IMS), Orang dgn TB Paru, Warga Binaan Lapas, Waria, Lelaki Seks Lelaki (LSL),Wanita Pekerja Seks (WPS), Pengguna Jarum Suntik (penasun).

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here