Wabup Badrun Nggai, SE, Pimpin Rakor terkait dengan Laporan Hasil Peninjauan Tim Penilai Adipura. Foto: Prokopim

Wakil Bupati dalam arahannya, pada camat Parigi dan eks Kecamatan Parigi, dapat mengundang pemilik ternak yang ada diwilayahnya serta mendata jumlah ternaknya masing-masing, agar pemilik ternak berkomitmen dapat mengurung atau mengikat ternaknya, sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengatasi hewan ternak yang berkeliaran.

Rakor yang di Pimpin Langsung Oleh Wabup Badrun Nggai, SE, berlangsung di Ruang Rapat Bupati Parigi Moutong. Kamis (15/9/2022).

“Penanganan ternak ini agar sesegera mungkin di laksanakan, mengingat titik Penilaian Adipura di mulai dari Desa Toboli Kecamatan Parigi Utara sampai dengan Desa Olaya Kecamatan Parigi”, ucapnya.

“Hari ini kita telah berkomitmen bersama dalam penanganan masalah ternak ini, kepada Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa, agar dapat berkomitmen dalam penanganan hewan ternak yang masih berkeliaran di jalanan”, tegasnya.

Wabup juga menambahkan terhadap Kebersihan terminal toboli juga perlu diperhatikan mengenai kebersihan nya, terminal sebagai objek vital transportasi juga perlu di bersihkan, sebab tim penilai juga akan meninjau lokasi terminal tersebut.

“Kalau perlu gunakan Retribusi yang ada di terminal sebagiannya untuk menangani masalah kebersihan yang ada di area terminal”, tambahnya. Selain itu,

Wabup juga menginstruksikan kepada OPD terkait khususnya DLH dan DisPerindag untuk fokus pada pembersihan objek – objek fasilitas umum seperti Pasar dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah sebab dari hasil pantauan tim penilai Adipura, untuk TPA Jononunu masih kurungannya mobilisasi pengangkutan sampah.

“Perlu adanya penambahan Armada angkutan sampah, serta perlu menambahan Geomembran, mengangkat penjaga atau Security pada TPA sehingga aset – aset pada TPA dapat dijaga, agar pengoperasionalnya berjalan dengan baik serta perlu adanya perbaikan Drainase Landfill”, imbuhnya.

Untuk pasar Sentral Parigi perlu adanya perbaikan drainase sekeliling pasar, perlu penataan lapak, dan juga tempat pembuangan sampah sementara perlu adanya perbaikan.

“Selain OPD terkait, masyarakat dan pedagang juga harus turut dalam menjaga lingkungan kebersihan Pasar sehingga tidak ada lagi sampah yang berserakan, secepatnya di lakukan perbaikan terhadap tempat pembuangan sampah sementara, serta Pengendapan terhadap Drainase di sekeliling Pasar”, terangnya

“Saya juga meminta kepada DLH untuk melakukan pemangkasan ranting-ranting yang menutupi penerangan lampu jalan yang dapat mengakibatkan kerusakan terhadap aliran listrik”, tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here