Aksi tanam mangrove serentak disepanjang pantai teluk Tomini melebihi target Muri ‘Lembaga pencatatan Nasional (LPN) Muri apresiasi kinerja Pemda dan seluruh stake holder Parimo’. Foto: Prokopim/Watt

Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu bersama Wakil Gubernur Provinsi Sulteng serta perwakilan Lembaga pencatatan Nasional (LPN) Muri menyaksikan secara langsung pemutaran Video aksi tanam mangrove serentak di 96 titik sepanjang garis pantai teluk Tomini kabupaten Parigi Moutong, bertempat pantai mossing desa siney minggu (20/11/2022).

Awan selaku perwakilan Lembaga pencatatan Nasional (LPN) Muri mengatakan kedatangannya keparigi Moutong adalah yang kedua kalinya setelah dilakukan juga rekor muri dibidang kuliner yaitu lalampa disail Tomini.

Giat penanaman mangrove saat ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut hari puncak Harkannas ke 9 di parimo.

Awan Menyampaikan pihak muri untuk kegiatan penanaman mangrove serentak telah menargetkan 88 titik untuk memecahkan rekor muri, akan tetapi yang terjadi telah melampaui dari target yaitu 96 titik yang telah dilaksanakan disepanjang garis pantai teluk Tomini kab. Parimo.

Tambahnya mengatakan bahwa Penanaman mangrove di pesisiran pantai kali ini dikatakanya tentu saja telah memecahkan catatan rekor muri yang pernah dilakukan sebelumnya oleh jajaran TNI AL dalam rangka peringatan HUT TNI AL ke 77.

Jelas dikatakanya bahwa Rekor muri diparimo kali ini menurutnya bukan suatu rekor yang hanya diciptakan atau dipecahkan semata akan tetapi sejatinya esensi dari rekor muri adalah bagaimana bisa untuk mengedukasikan kepada masyarakat, mengajak serta memotivasi masyarakat untuk bisa bersama sama mencintai lingkungan sekitar kita.”imbuhnya.

“Tanaman mangrove mempunyai arti penting karena selain melindungi alam laut juga penting menahan abrasi serta membuat rumah bagi ikan ikan yang ada di sepanjang laut teluk Tomini parimo”.tuturnya.

Awan Berharap dari kegiatan ini kedepanya bisa lebih memotivasi lagi serta dapat menginspirasi daerah lain untuk Melakukan kegiatan yang sama seperti saat ini.

Ketua panitia pelaksana kegiatan tanam mangrove Moh. Idrus pada dinas Lingkungan hidup mengatakan Pentingnya mangrove untuk bisa disosialisasikan ke masyarakat.

“Kata idrus Antusias masyarakat di 96 titik tengah melakukan penanaman mangrove sangat besar”.ujarnya.

Idrus melaporkan Secara data tanaman mangrove disepanjang pesisir pantai teluk Tomini hampir 60 persen sudah rusak, demi Menjaga potensi ikan dilaut penanaman mangrove menjadi bagian penting.

Sub. Dokumentasi Primpinan Bagian Prokopim Setda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here