Pemda Parimo Melalui DP3AP2KB Lakukan Studi Banding diKelurahan Condong Catur Provinsi D.I. Yogyakarta. Foto: Prokopim/Yusup

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Kab.Parimo), melalui Dinas Permberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), memilih  Kelurahan condong catur Kecamatan depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) menjadi tempat studi banding pengelolaan Rumah Data Kependudukan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kamis 10 November 2022.

Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB.

Kampung KB merupakan Satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis. Selain itu, manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat.

Kepala dinas P3AP2KB Kab. Parimo, Yusnaini,  selaku ketua rombongan, mengatakan, Dalam  rangka studi banding, Dp3ap2kb  memilih   Kelurahan condong catur karena dinilai menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi D.I.Y,  bahkan nasional. Rumah Data ini sudah sering mendapat kunjungan pejabat pusat dan Provinsi.

“Selain menjalin silaturahim, juga untuk menambah ilmu dan wawasan terkait kampung KB, sehingga dapat  memacu semangat untuk membangun kampung KB lebih baik serta untuk menambah pengalaman baru dan melihat kegiatan kampung KB dalam mengelola kelompok kegiatan BKB, BKR, dan BKL,” ungkapnya.

Menurutya, Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Apa yang sudah didapat dari sini, saya akan terapkan diKab. Parimo, agar supaya bisa lebih maju untuk mengelola manajemen rumah data, dan mewujudkan masyarakat kecil yang berkualitas,” tandasnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here