Wabup Badrun Nggai, SE, Menerima dengan Baik Keberadaan Mahasiswa PKL Kemenkes Kota Palu, di Kabupaten Parimo. Foto: Prokopim

Sebagai upaya untuk meningkatkan Mutu pelayanan kesehatan dilingkup Masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo) Badrun Nggai, SE, secara resmi membuka kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Poltekkes Kementrian wilayah Palu. Bertempat dilantai II kantor Bupati (14/9/2022).

Wabup dalam sambutanya mengatakan “dengan tema Implementasi Inovasi Inter Professional Education (IPE) Melalui PKL terpadu dalam pemecahan masalah kesehatan tatanan keluarga sebagai upaya pencegahan stunting, kepada para mahasiswa harus mampu membantu mewujudkan pesan sehat Kabupaten Parigi moutong”, ucapnya.

Hadirnya mahasiswa Poltekes Kemenkes Palu diparimo selain bertujuan untuk Melakukan kampanye kesehatan terutama cara hidup bersih.

“Masyarakat harus lebih menghargai dan menjaga kebersihan karena kesehatan merupakan salah satu unsur untuk maju dan tidaknya Daerah ini”, tambahnya.

“Dengan adanya mahasiswa PKL terpadu dalam pemecahan masalah kesehatan tatanan keluarga sebagai upaya pencegahan stunting sangatlah sejalan dengan program pemerintah daerah kabupaten parigi moutong Yakni Penanganan Stunting”, tutupnya.

Laporan panitia kegiatan yang disampaikan oleh Wakil Direktur 1 bidang akademik Gusman Arsyad SST,M.Kes, menyampaikan, Kegiatan PKLT kali ini diterapkan dengan pendekatan Inter-Profesional Education Collaborative Practice (IPE-CP) Berfokus pada masalah pencegahan stunting.

“Tujuan PKLT Ini Adalah Mahasiswa diharapkan mampu bekerja sama secara tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu melakukan pemecahan masalah kesehatan keluarga, dibidang kesehatan reproduksi, keperawatan keluarga, kesehatan lingkungan dan masalah gizi pada kelompok ibu hamil, bayi, balita dan remaja putri, guna untuk melakukan pencegahan stunting terhadap pernikahan dibawah umur”, ucapnya.

Sebanyak 479 Mahasiswa PKL terpadu yang akan bertugas di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Siniu dan Kecamatan Ampibabo, akan melaksanakan tugas lapangan selama 12 Hari.

“PKL terpadu dilaksanakan selama 12 Hari, dari tanggal 14 sampai dengan 25 September 2022, dengan Jumlah mahasiswa 479 orang dari jurusan Poltekes, serta Dosen Pembimbing berjumlah 84 orang dari poltekes Kemenkes Palu, yang akan menjalankan tugas di Dua Kecamatan yaitu, Kecamatan Siniu dan kecamatan Ampibabo”, tutupnya.

Turut hadir Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi moutong, Direktur Poltekes Kemenkes Palu, Camat Siniu, camat, Ampibabo dan beberapa Kepala desa kecamatan siniu dan ampibabo.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here