Sekda Zulfinasran, S.STP, M.AP, Saat Mengikuti Rakor Melalui Virtual Zoom Meeting, Dalam Rangka Mensukseskan Harkannas, Pemda Parimo Bersinergi bersama Perwakilan Dirtjen KKP

Terkait kesiapan gelaran Hari Ikan Nasional (Harkannas) diParigi Moutong, Sekertaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong (Parimo) Himbau OPD Tekhnis untuk segera Merampungkan data Rundown acara serta Dokumen pendukung tentang kesiapan pelaksanaan rangkaian kegiatan maupun pada hari Puncak kegiatan Hari ikan Nasional (Harkannas) yang akan dilaksanakan diKabupaten Parigi Moutong Pada Tanggal 19 s/d 21 November 2022.

Himbauan tersebut disampaikan pada rapat hasil koordinasi antara pemerintah Daerah Parigi Moutong yang dipimpin langsung Sekda Parimo Zulfinasran,S.STP, M.AP dengan Perwakilan Dirtjen Kmentrian Kelautan dan perikanan (KKP) Erwin Dwiyana serta Tim koordinator tekhnis Harkanas KKP E.Khonifah,M.M ,melalui Zoom Meeting bertempat diRumah Jabatan (Rujab) Bupati Parimo Rabu, (14/9/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Perwakilan Direktur Jendral (Dirtjen) KKP Erwin Dwiyana mengatakan Pada tanggal 23 september 2022, sudah melakukan finising terkait kesiapan Dokumen pendukung serta anggaran searing dengan pemerintah pusat juga finising dari rundown kesiapan acara kegiatan Harkanas.

“Rundown acara serta Dokumen pendukung harus secepatnya rampung dan disampaikan Dirjen KKP melalui pemaparan agar menyamakan persepsi dengan Rondown Baku KKP terhadap pelaksanaan Harkanas sesudahnya yang pernah dilaksanakan, dan ini menjadi harapan antara Pemda Parimo dengan Pemerintah Pusat KKP bersinergi bersama mensukseskan Harkanas diParimo”. Pintanya.

Selain itu, Kata Erwin berharap Kab. Parimo Pada gelaran Harkanas juga mendukung Program Menteri yang telah dilauncing yaitu Bulan Cinta Laut (BCL) yang diharapkan bisa disinergikan dengan Harkanas di Kabupaten Parimo nantinya.

Beberapa poin penting juga disampaikan dari Program BCL diantaranya 1.) Menjaga kebersihan Laut, 2.) Laut yang bersih dari sampah plastik, 3.) Laut sehat dan ikan yang sehat.

“Dari Tiga Point tersebut diharapkan bisa disesuaikan oleh Pemerintah Daerah Kab.Parimo dalam pelaksanaan kegiatan Harkannas, begitupun Segi penganggaran juga perlu dibahas secara tekhnis dirapat lanjutan dengan Badan Anggaran, akan di lakukan Sharing antara Pemda Parimo dengan Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Parimo juga segera merespon tanggapan Surat resmi Dirjen KKP terkait kesiapan Harkannas”, tutupnya.

Sesuai penunjukan dari Tim KKP selaku koordinator tekhnis Harkannas E.Khonifah,M.M mengatakan “rangkaian Kegiatan Harkanas dari Tahun sebelumnya terdiri dari Webinar, Pameran, Gelar Prodak, Lomba masak Serba Ikan, Demo Masak, Gelar Makan Ikan Bersama, Lomba Mewarnai, Sampai Pada memasuki Peringatan Hari Puncak”, ucapnya. Olehnya,

“Pemda Parimo dapat menyerahkan Rundown Fix untuk bisa disesuaikan bersama dengan Juknis yang ada dari Dirjen KKP”, tutupnya.

Menanggapi hasil Koordinasi bersama Perwakilan Dirtjen KKP, Sekda Zulfinasran menyampaikan, “Sejalan dengan keinginan Bupati Parimo untuk mensukseskan kegiatan Harkannas diparimo Sekda meminta agar OPD terkait secepatnya meyiapkan data dokumen pendukung serta Rundown Fix yang ditelah tetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Dirtjen KKP sampai batas tanggal 23 September 2022”, ucapnya.

Tambahnya, ucap Sekda menyampaikan secara rinci terkait dengan hari puncak Harkannas, “beberapa item kegiatan pada rangkaian acara sampai dengan pada hari puncak, mulai Pada tanggal 19 November 2022 dilaksanakan pembukaan pameran UMKM, Dinas Perindag, Dinas Koperasi UKM serta pembukaan pasar rakyat, dan untuk demo masak dari 23 kecamatan diParimo, bertempat di pantai Mosing, Desa sinei, kecamatan Tinombo Selatan, pada hari min 1 (Satu) pada tanggal 20 November 2022, yang dinilai secara langsung oleh juri Chef Selebriti”, imbuhnya.

Sekda juga mengatakan bahwa gelaran Harkannas berpusat di dua tempat yaitu Pantai Mosing Kecamatan Tinombo Selatan dan Kecamatan Parigi, “beberapa item kegiatan antara lain lomba masak ini dilakukan diauditorium Kantor Bupati Parigi Moutong yg diikuti oleh seluruh Provinsi se Indonesia dengan menghadirkan juri dari celebritis cheef, dan untuk lomba mewarnai, Demo Masak dari 23 Kecamatan menu serba ikan yang bertempat dilapangan Tenis Indoor Kantor Bupati, serta untuk pelaksanaan kegiatan Webinar akan dilaksanakan diaula rapat lantai 2 Kantor Bupati”, jelasnya. Selain itu,

“Pada item kegiatan lainya dalam rangkaian hari puncak Harkannas juga ada pameran dan pasar rakyat serta pencanangan tanam Manggrove diikuti serentak oleh semua elemen pemerintahan, kelompok masyarakat, PKK, Kelompok pemuda peduli lingkungan di sepanjang teluk tomini”, tutupnya.

Rapat Koordinasi dihadiri Ketua TP – PKK sekaligus selaku Ketua For Ikan Kabupaten Parimo Dra.Hj.Noorwachida Prihatini S.Tombolotutu dengan sejumlah OPD terkait lingkup Pemda Parimo dan Kepala Divisi Ekonomi Wilayah dan tata ruang Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr.Mujio Sukri,S.Pi,M.Si.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here