Staf Ahli Aswini Dimpel Foto: Istimawa

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Satuan polisi Pamong Praja menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar Tahap I Pemadam Kebakaran dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi personel pemula pemadam kebakaran , Minggu 11 Desember 2022.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Parigi Moutong A Salim Sialea mengatakan Diklatsar tahap satu sebagai syarat bagi personel pemadam kebakaran pemula untuk meningkatkan kemampuan saat bertugas di lapangan,

Menurutnya, setiap personel dituntut wajib memiliki kemampuan saat menjalankan tugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) olehnya para personel Damkar harus memiliki lisensi berjenjang mulai dari Diklatsar tahap satu, dua dan seterusnya.

Giat Diklatsar kali ini diikuti kurang lebih 45 personel, terdiri dari 24 personel Damkar dan 21 personel Satpol-PP dan dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan 15 Desember 2022.

Sementara, itu Mewakili Bupati Parigi Moutong Staf Ahli Bid Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Aswini Dimple, SKM, M.Kes saat membuka kegiatan tersebut mengatakan dalam rangka melaksanakan pembangunan di segala bidang, setiap aparatur sipil negara dituntut untuk memiliki kinerja yang cakap, mampu dan mahir untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, begitu pula dengan pegawai yang saat ini bertugas sebagai pemadam kebakaran.

Aswini mengatakan meningkatnya jumlah penduduk, berarti meningkat pula jumlah perumahan dan permukiman, serta pembangunan fasilitas gedung baik untuk perkantoran maupun perdagangan. namun, hal ini belum diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana pemadam kebakaran yang masih terbatas, bila dibandingkan dengan luas total wilayah kabupaten parigi moutong.

“Program kegiatan peningkatan kecakapan anggota pemadam kebakaran, merupakan suatu teknik kepandaian atau kemahiran mengerjakan tugas menjadi seorang pemadam kebakaran yang menjalankan kewajiban seperti pertolongan, evakuasi atau tindakan penyelamatan secara efektif atau efisien” ucap aswini

Aswini berharap kepada seluruh peserta diklatsar agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. petugas pemadam kebakaran harus memiliki kebanggaan akan profesi yang saudara tekuni saat ini. profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan, karena di dalam profesi petugas pemadam kebakaran terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda milik masyarakat.

Sub Dokumentasi Pimpinan bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here