Bupati Samsurizal Tombolotu, Terima Kunjungan dari Institut Pertanian Bogor. Foto: Prokopim

Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu terima kunjungan Tenaga Ahli bidang Pertanian dan Pembangunan Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Mujio Sukri, S.Pi, M.Si bersama rombongan, pertemuan yang dilaksanakan di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Parigi Moutong, Senin (12/9/2022).

Mengingat Hari Pangan Sedunia (HPS) yang rencananya akan di laksanakan di Kabupaten Parigi Moutong, maka dari itu maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut ialah membahas tentang promosi Sagu yang merupakan salah satu makanan khas Parigi Moutong, untuk di angkat sebagai promosi Pangan nantinya.

“Dengan mengusung tema Sagunesia, saya rasa ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkenalkan dan mempromosilan produk – produk berbahan dasar Sagu kepada Masyarakat Indonesia maupun Masyarakat Luar”, ucap Mujio.

Menurut Mujio potensi sagu yang ada diwilayah Kabupaten Parigi Moutong dapat dikembangkan dengan melahirkan produk – produk makanan yang nantinya bisa besaing di pasaran.

“Saya membawa rombongan dari IPB bertemu pak Bupati, yang di ketuai oleh Prof. Bintoro yang juga merupakan Ahli Sagu di IPB skaligus Ketua Masyarakat Sagu Indonesia bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dengan mengadakan pelatihan pembuatan makanan yang berbahan dasar Sagu yaitu pelatihan tepung Sagu menjadi Gula”, tutupnya.

Sementara itu, Bupati Parigi Moutong sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh tim dari IPB tersebut sebab menurutnya sagu yang ada diKabupaten Parigi Moutong ini adalah salah satu bahan makanan yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjdi produk – produk olahan yang diharapkan tidak saja mengeluarkan hasil olahan sagu yang baru tetapi bagaimana hasil olahan itu berkualitas dan mempunyai kualitas yang mampu bersaing dipasaran.

“Kedepannya pihak dari IPB akan melakukan pelatihan kepada para UKM tentang bagaimana menghasilkan produk – produk olahan Sagu, sehingga mendapatkan suatu olahan yang berkualitas”, ujarnya.

“Untuk dinas terkait agar terus melakukan koordinasi dengan pihak IPB sehingga kegiatan yang di rangkaikan dapat berjalan dengan lancar”, tutupnya.

Pada Pertemuan tersebut, turut dihadiri OPD terkait di Lingkungan Pemda Kabupaten Parigi Moutong.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here