Wabup Badrun Nggai, SE menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional, PDGI Parimo Gelar Sikat Gigi Massal di SD Inpres 1 Bantaya. Foto: Prokopim

Dalam Rangka Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN), Persatuan Dokter gigi Indonesia (PDGI) gelar penyuluhan bagi siswa siswi Sekolah Dasar (SD) terkait tata cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Peringatan kegiatan HKGN tersebut dipusatkan diSekolah Dasar (SD) Inpres I Bantaya dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo) Badrun Nggai, SE. Senin (12/9/2022).

Selaku Ketua Panitia HKGN pada Persatuan dokter Gigi Indonesia (PDGI) kabupaten Parigi Moutong drg. Andi Nurawalini Cahyani,SP. KE mengatakan kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu agenda tahunan dari PDGI Parimo yaitu melaksanakan peringatan HKGN yang di laksanakan pada tanggal 12 September tahun 2022.

Nurawalini Cahyani dalam sambutannya mengatakan, “PDGI Parimo pada tahun 2022 kembali melaksanakan sikat gigi massal bersama anak-anak SD Inpres 1 Bantaya, tujuan sasaran dari kegiatan tersebut sebagai manfaat bagi siswa siswi SD khususnya pada Sekolah Dasar inpres I Bantaya untuk menambah pengetahuan dan wawasan Murid tentang bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut”, ucapnya.

“Sebanyak 547 siswa yang terbagi dalam enam kelas ini dilakukan dua kali sesi kegiatanya, mulai dari kelas 1 sampai Kelas 3 terlebih dahulu kemudian dilanjutkan lagi kelas 4 sampai Kelas 6, hal ini mengingat banyaknya jumlah murid”, tutupnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Persatuan Dokter GIGI Indonesia Cabang Parigi Moutong drg. Junita Indah Purwanti mengatakan, “bahwa kegiatan peringatan HKGN ini dilakukan secara serentak seluruh Indonesia, dan Parigi Moutong khususnya SD Inpres 1 Bantaya telah mengambil bagian dari dilaksanakanya peringatan HKGN ini”, tuturnya.

“PDGI diseluruh Indonesia telah menargetkan sebanyak 500.000 orang siswa akan melakukan gerakan sikat gigi Massal pada Murid SD, kegiatan dimaksud untuk pencapaian memecahkan rekor Muri”, tutupnya.

Wabup Badrun Nggai, SE, dalam sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah kabupaten parigi moutong menyambut baik dilaksanakanya kegiatan dari PDGI.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan, “Selaku pemerintah daerah saya berharap kepada PDGI terus meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di Kabupaten Parigi Moutong, dan untuk opd terkait, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat berpartisipasi serta mendukung baik secara moril maupun material”, harapnya.

“Kepada seluruh siswa- siswi sekolah dasar agar menyikat gigi secara teratur minimal 2 (dua) kali sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur, karena menyikat gigi dua kali sehari akan melindungi gigi terhadap risiko penumpukan plak dan gigi berlubang”, Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here