Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran S.STP, M.A.P membahas tentang persiapan yang akan dilakukan Pemda terkait Penilaian Adipura. Foto : Rahmat/Prokopim.

Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran S.STP, M.A.P membahas tentang persiapan yang akan dilakukan Pemda terkait Penilaian Adipura.

Dalam Agenda yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, Sekda menghimbau kepada seluruh camat, Lurah dan Kepala desa untuk menggerakkan Masyarakat dalam menjaga, kebersihkan dan penataan lingkungannya, “ sampah sampah menjadi fokus kita, kami akan mengoptimalkan secara masif armada – armada sampah yang ada, sehingga pengendalian sampah dapat terurai dengan maksimal kemudian perlu adanya langkah-langkah pecepatan seperti kampanye peduli akan sampah dengan melibatkan seluruh stachholder yang ada, kesadaran seluruh lapisan masyarakat sangat diharapkan tentunya dan dibarengi inovasi tepat guna“ Ucap Zulfinasran

beliau juga menghimbau kepada unsur teknis terkait untuk menyusun jadwal pembersihan sampah ataupun pelaksanaan bersih bersih dilingkungan masing – masing “ jadi Dinas PLH fokus untuk mengangkat sampah, jadwal pengangkutan sampah itu juga harus disingkronkan dengan pemerintah kecamatan, kelurahan maupun desa “ ucap Sekda menambahkan

Sementara itu Hj. Siti Maryam Tagunu selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Parigi Moutong mengungkapkan bahwa penilaian Adipura di tahun 2022 ini akan dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober “ hal ini sesuai info dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah”  Ucap Maryam

Dinas Lingkungan Hidup sendiri menurutnya akan bekerjasama secara Pro aktif dengan unsur terkait dalam hal ini pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk menggerakkan masyarakatnya dalam melakukan pembersihan di lingkungan masing masing.

“ focus pembersihan ini nantinya akan menyasar area pinggir jalan, baik Median Jalan maupun Drainase saluran air serta endapan – endapan sampah yang dapat merusak keindahan lingkungan “ Ucap Kadis DLH tersebut dan alhmadulillah menurutnya Keurahan Masigi telah memulai langkah pembersihan ini lebih dahulu dengan melakukan pembersihan dan pemangkasan tanaman maupun pohon perindang di area jalan di Kelurahan Masigi.

Turut mendampingi Sekda dalam Rakor tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hj. Siti Maryam Tagunu, S.Sos, M.Si dan dihadiri lurah, camat, kepala desa Se eks Kecamatan Parigi serta Pimpinan OPD terkait lainnya.

Didi Rachmat
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here