Wakil Bupati Badrun Nggai, SE dan Sekda Zulfinasran SSTP MAP saat berada di lokasi banjir Torue, Jumat (29/7/2022). Foto : Aldi/Prokopim

Bupati, H Samsurizal Tombolotutu melakukan kunjungan ke lokasi banjir di desa Torue, Kecamatan Torue. Bupati bersama rombongan terlihat tiba di posko induk pemda pada pukul 16.00 WITA, Jumat (29/7/2022) sore.

Tujuan kedatangan orang nomor 1 Parigi Moutong untuk memantau langsung tim pemda yang terdiri dari TRC BPBD, Tagana Dinsos, Satpol PP, Dinas PUPRP, PMI dan OPD terkait dalam melakukan penanganan tanggap darurat di lokasi bencana.

Selain itu, Bupati Samsurizal juga memantau kondisi desa Torue pasca diterjang banjir, serta memastikan posko yang didirikan pemda mulai dari dapur umum, posko penerimaan dan penyaluran bantuan hingga posko layanan kesehatan beroperasi dengan baik.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Zulfinasran SSTP MAP bersama tim pemda Parigi Moutong lebih dulu hadir beberapa saat usai banjir berangsur surut pada pukul 03.00, dini hari, dan langsung bergabung bersama warga untuk mengevakuasi korban dan melakukan peninjauan ke titik-titik yang terdampak banjir.

“Saya memintakan agar lingkungan hidup bisa memantau sumber banjir ini dari mana, penyebabnya apa. Kita juga minta untuk meninjau langsung di lokasi,” ujarnya kepada sejumlah awak media.

Selanjutnya, Jumat pagi, Wakil Bupati Badrun Nggai SE langsung meluncur ke lokasi dan bergabung dengan tim pemda. Usai menjalankan ibadah sholat Jumat, Wabup Badrun mengikuti prosesi pemakaman salah satu korban jiwa terdampak banjir di Torue.

Dari lokasi pemakaman, Wabup kemudian bergabung dengan tim di posko utama hingga menunggu kedatangan Bupati Samsurizal tiba di lokasi.

Diketahui, banjir bandang yang menerjang Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada Kamis (29/7/2022) malam sekitar pukul 21.00 WITA, menelan korban jiwa.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh PMI Parigi Moutong hingga Jumat (29/7/2022) sore, tercatat jumlah korban jiwa yang telah diidentifikasi berjumlah 3 orang, dan 4 orang hilang dan masih dalam pencarian tim sar yang dibantu warga setempat.

Aldi/Tim Dokumentasi Prokopim Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here