Bupati Samsurizal Tinjau Lokasi Ibu Kota Calon DOB Kabupaten Moutong di Taopa. Foto : M. Rafli/Prokopim

SEBAGAI bagian dari upaya menuju pemekaran 2 Calon Daerah Otonomi Baru (DOB) yaitu Kabupaten Tomini Raya dan Kabupaten Moutong, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong melakukan penetapan titik koordinat dan penentuan batas lahan yang nantinya akan dijadikan Calon Ibu Kota Kabupaten Moutong.

Kegiatan penetapan titik koordinat dan penentuan batas ibu kota calon DOB Kabupaten Moutong dilakukan oleh tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tengah, BPN Parigi Moutong dan Bidang Pertanahan Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong, bertempat di Desa Moian, Kecamatan Taopa, Senin (25/4/2022).

Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu yang memimpin kunjungan itu mengatakan, pada saat menggelar rapat, pihak Kanwil BPN Sulawesi Tengah mengarahkan agar pemda dapat memastikan dan menentukan titik lahan seluas 50 Hektar yang akan menjadi pusat pemerintahan dan fasilitas publik di lokasi calon Ibu Kota Kabupaten Moutong.

“Hari ini sudah kita pastikan batas-batas lahannya,” tegas Bupati Samsurizal.

“Tanggal 23 Mei 2022 tim pemekaran pusat datang kesini sudah melihat bahwa ada dan kita sudah siap,” tambahnya.

Bupati Samsurizal membeberkan bahwa tim yang akan melakukan survey kesiapan 2 DOB merupakan pakar hukum sekaligus penyusun naskah akademik pemekaran DOB Tomini Raya dan DOB Moutong.

Samsurizal juga menerangkan, penetapan lokasi Ibu Kota calon DOB Kabupaten Moutong adalah hasil kesepakatan dari para camat yang ada di bagian wilayah DOB Moutong, yakni Ongka Malino, Lambunu, Bolano Lambunu, Taopa dan Moutong.

“Disepakati oleh para camat, bahwa ibu kota calon perkantoran (Kabupaten Moutong) itu ada disini. Jadi bukan saya yang tunjuk, itu hasil kesepakatan lima camat,” tandasnya.

Hadir mendampingi bupati, sejumlah pejabat teras di jajaran Pemda Parigi Moutong, diantaranya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mohamad Nasir SIP, Kepala Dinas PUPRP Abdul Azis Tombolotutu SIKom, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dra Hj Aline A Deu MSi dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan F Eny Susilowati SE MM.

M. Rafli/Prokopim Setda Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here