Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Wakil Bupati Badrun Nggai, SE. Foto : Prokopim

PEMERINTAH Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong menghadiri peluncuran buku berjudul “Semua Bisa Kerja” karya editor DR M Arsad, dan buku “Khasanah Arsip Gubernur Sulawesi Tengah dari masa ke masa” karya editor Muhammad Heriyanto, bertempat di gedung Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Senin (11/4/2022).

Selain peluncuran buku, dilakukan juga acara penyerahan piagam penghargaan kepada penyelengara kearsipan daerah Kabupaten/Kota se-Sulteng.

Sesuai dengan audit hasil pengawasan kearsipan eksternal dan standarisasi Arsip Nasional RI pada tahun 2021 yang lalu, Kabupaten Parigi Moutong dinobatkan sebagai peringkat pertama, di susul oleh Kota Palu yang meraih peringkat kedua dan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menduduki peringkat ketiga.

Piagam penghargaan itu diserahkan oleh Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai SE, yang didampingi sejumlah pejabat jajaran Pemda Parigi Moutong, diantaranya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs H kamiludin A Passau MSi dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda), F Eny Susilowati SE MM.

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan, pemberian penghargaan dilakukan untuk memberikan motivasi kepada lembaga kearsipan daerah menuju Provinsi Sulawesi Tengah tertib arsip.

Sementara itu, terkait peluncuran buku, Gubernur menjelaskan bahwa kedua buku yang diluncurkan menjadi narasi moral yang bisa dijadikan inspirasi sekaligus meningkatkan indeks minat baca masyarakat Sulawesi Tengah sebagai upaya strategi kebijakan untuk mendorong ekonomi daerah melalui kekuatan fiskal untuk kemajuan daerah.

“Serta (menjadi) daya dongkrak pengentasan kemiskinan pasca bencana, percepatan pembangunan, persiapan IKN, penguatan isu strategis bidang kesehatan, pariwisata dan sebagainya,” ucap Gubernur Rusdy Mastura.

Prokopim Setda Kabupaten Parigi Moutong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here