DP3AP2KB Parimo Gelar Kegiatan Penguatan dan fasilitasi kampung KB tingkat kabupaten Foto : Prokopim Parimo

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kab. Parigi Moutong gelar Kegiatan Penguatan dan fasilitas kampung KB tingkat kabupaten. Kegiatan Tersebut Resmi dibuka Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai digedung Pertemuan Kantor DP3AP2KB, Senin (18/9/2023).

Melalui kegiatan tersebut Wakil Bupati Badrun Nggai menghimbau penguatan fasilitas kampung keluarga berencana bisa berjala lebih efektif serta efisien dalam pelaksanaannya. Menurutnya untuk mewujudkan kampung keluarga berencana yang lebih ideal, kegiatan seperti ini harus dilaksanakan berjenjang.

Kata Wabup, Kegiatan Penguatan dan fasilitas kampung KB, juga bertujuan untuk mendukung optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas sekaligus menegaskan komitmen dan mempermudah koordinasi lintas sektor serta memetakan dan mengintegrasikan seluruh program kegiatan dan anggaran di seluruh sektor yang berbasis di desa dalam rangka Upaya meningkatkan Hasil (intensifikasi) dan usaha atau cara memperluas hasil yang dicapai (ekstensifikasi) dari kampung keluarga berencana.

Selain itu diharapkan dapat menghasilkan keluarga berkualitas dengan karakteristik keluarga yang tentram, mandiri dan bahagia yang pada akhirnya berkontribusi pada pembangunan negara secara luas,” terangnya.

“peran penguatan pemda dalam optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas SDM dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga,”Ucapnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan peningkatan akses pelayanan kesehatan termasuk KB dan kesehatan reproduksi melalui program kesehatan berbasis masyarakat, peningkatan cakupan dan akses pendidikan, peningkatan cakupan layanan jaminan dan perlindungan sosial pada keluarga dan masyarakat miskin.

“Program keluarga berencana dimkasud adalah mengatur angka kelahiran anak serta jarak dan usia ideal saat melahirkan, selain itu mengatur kehamilan melalui promosi perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reformasi untuk mewujudkan keluarga berencana,”tukasnya.

Turut hadir Perwakilan BKKBN Prov.Sulteng, Moh Rosni SE, M.si, Kadis Diskanlut, Kaban Bappelitbangda, SeKdis kesehatan, Sejumlah Camat, Serta Jajaran DP3AP2KB.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here