Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023, Sulteng – Kab. Parimo berpartisipasi Foto : Prokopim Parimo

Hadir pada undangan TIFF Bupati Parimo bawa kesan mendalam pada masyarakat Tomohon, pasalnya kemeriahan event internasional ini kembali menorehkan prestasi terhadap ajang seni dan budaya di Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Selasa 08 Agustus 2023 dipanggung rakyat Kota Tomohon.

Dalam sambutannya Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH menyampaikan, atas nama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang kepada bapak menteri dan seluruh tamu kehormatan dari sejumlah Daerah dan selamat mengikuti seluruh rangkaian TIFF ke 11 Tahun 2023 dengan puncak Tournament of flower atau parade kendaraan hias semoga akan memberikan dampak ekonomi yang menguntungkan bagi masyarakat Tomohon dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA MBA mengatakan, TIFF 2023 Merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) bahkan disetarakan dengan Tournament of roses yang ada di pasadana California Amerika Serikat, dan event event Global lainnya. Artinya ada kebanggaan tersendiri bagi kota Tomohon dengan kultur budaya dan kemajemukan kearifan lokalnya diharapkan mampu menopang destinasi wisatanya, dan membantu pelaku UMKM dengan menunjang pertumbuhan ekonomi kreatifnya, mengingat pentingnya capaian yang harus diraih oleh setiap Daerah dalam membuka peluang investasi sehingga event seperti ini mendapatkan tempat dan prioritas dari Pemerintah Pusat sebagai daya tarik untuk Wisatawan Asing yang akan berkunjung ke Negara kita, Pungkasnya”.

Dalam event TIFF ini kontingen Sanggar seni Parigata Pemda Parimo ikut memeriahkan berbagai Lomba, antara lain parade kendaraan hias dan Fashion Carnaval sehingga kesan mendalam yang disampaikan oleh Walikota Tomohon Carool Joram Azarias Senduk Mewakili Masyarakat Kota Tomohon dengan memberikan apresiasi dan antusias yang besar terhadap penampilan107 orang kontingen Parimo dengan mengusung Tema “Durian Berbunga” dapat mencuri perhatian bagi seluruh pengunjung dan pejabat kota Tomohon, perpaduan Buah Durian sebagai produk lokal andalan Parimo dipadukan dengan bunga dari Tomohon menjadi hal yang baru pada hari pelaksanaan Parade kali ini ucap sejumlah masyarakat yang hadir pada kesempatan itu.

konsistensi Bupati Samzurisal terhadap kemajuan pariwisata dan kebudayaan Nampak terlihat pada ajang ajang besar lainnya seperti yang dijelaskan oleh Eny Susilowati selaku Kabag Prokopim Setda Parimo, sederet prestasi yang dibacakan pada synopsis Kabupaten Parimo antara lain Tomini Fashion Carnival dengan tema The Beauty of flowers in Equator, penaggung jawab Dra. Noor Wachida Prihartini Tombolotutu selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong menjadi duta budaya ajang internasional RI di Moscow Rusia pada Tahun 2017, tingkat nasional dipercayakan mengawali festival budaya dalam paltfom indonesiana Kemendikbudristek RI 2018 dengan tema Vula dongga dan beberapa kegiatan lainnya baik tingkat daerah nasional dan internasional di bidang kebudayaan pada ajang TIFF kali ini mendapat prestasi keluar sebagai Best Performance kategori Umum. Terangnya”.

Turut mendampingi Bupati Ketua TP-PKK Dra. Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, sejumlah pejabat Esselo II, III, Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dan Tim Sanggar Seni Parigata.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here