Penyambutan tradisi Adat kedatangan Asisten II Ir. Lewis dilokasi perayaan Hari Raya Ketupat Kelurahan Bantaya Foto : Prokopim /Moh.Nur

Pengunjung saat Moment Perayaan Lebaran Ketupat yang digelar oleh Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Parigi Moutong di sepanjang Jalan Boulevard kelurahan Bantaya kec. Parigi membludak.

hadir mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Lewis turut juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KKIG Parimo diKelurahan Bantaya, Sabtu (29/4/2023).

Dalam Sambutanya Asisten II Ir. Lewis mengatakan dalam rangka menghadiri hari raya ketupat 1444 Hijriyah 2023 Lewis mengajak untuk saling maaf memaafkan, menurutnya moment kegiatan yang dilaksanakan sebaiknya dimanfaatkan untuk lebih mempererat tali silaturahmi.

“perayaan hari raya ketupat sebaiknya bukan hanya sekedar menyantap ketupat dan sajian makanan lainnya akan tetapi perayaan ini memiliki banyak makna salah satunya adalah mempererat tali silaturahmi ukhuwah dengan mengajak kita semua untuk saling memaafkan satu sama lainnya, “Tutur Lewis.

“kiranya perayaan lebaran ketupat ini kita gunakan sebagai ajang introspeksi diri untuk saling memberi maaf antar sesama dan memupuk kembali tali persaudaraan yang kemarin-kemarin sempat renggang dan terputus ini saatnya untuk kita menyambung kembali tali persaudaraan karena sesungguhnya maaf memaafkan merupakan perbuatan terpuji yang dimuliakan, “Ucapnya.

Selaku Ketua KKIG Parigi Moutong Marzuk Hululo, SE, M. Si mengatakan Perayaan Hari lebaran Ketupat di kelurahan Bantaya adalah kegiatan rutinitas tiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Masyarakat KKIG.

Marzuk Hululo berharap moment hari raya ketupat dapat menjadi Agenda Pemerintah Daerah sebagai moment Pariwisata untuk masyarakat yang berkunjung dikelurahan Bantaya.

Mengenai Perayaan Lebaran Ketupat yang dilaksanakan sejumlah Komunitas lain selain dari Masyarakat KKIG yang tersebar di beberapa titik sepanjang Jalan Boulevard kelurahan Bantaya ini tidak menjadi masalah, karena sebagai tujuan utama masyarakat yang berkunjung adalah untuk lebih membangun tali silaturahmi.

Menurutnya Kegiatan Lebaran Ketupat yang dilaksanakan juga lebih praktis bagi masyarakat Gorontalo yang mayoritas ada dikelurahan Bantaya, sehingga masyarakat tersebut tidak lagi buang biaya banyak untuk pulang kampung ke Gorontalo.

Turut hadir Ketua DPD KKIG Prov. Sulteng Ir. H. Syaifullah Djafar M. Si, Ketua MUI kab. Parimo Drs. H. Sudirman Tjora, MM, Kabag OPS Polres Parimo AKP Burhanudin, anggota DPRD Prov. Sulteng H. Moh. Nur Dg. RahmatuRahmatu, SE, Ketua FKMK dan FKUB Abd. Rajab Pokay, Ketua KKSS H. Ardi Kadir.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here