Sejumlah 24 orang Tim Survei Kesehatan Indonesia (SKI) resmi dilepas Sekertaris Daerah Kab. Parigi Moutong untuk melakukan Sensus Data Kesehatan dimasyarakat Foto : Prokopim Parimo

24 orang Tim Enumerator (SKI) resmi dilepas Penempatanya oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran Tiangso S.STP, M.A.P diWilayah Kabupaten Parimo untuk melakukan Survei Data Kesehatan dimasyarakat.

Sebelum menuju penempatan penugasan tersebut Sekda Zulfinasran menerima sejumlah 24 orang Tim Enumerator Survei Kesehatan Indonesia (SKI) diruang kerjanya senin (14/8/2023).

Harapan Sekda Zulfinasran dalam pertemuan itu mengatakan agar Tim Enumerator Survei kesehatan bisa mendapatkan data Valid dalam hasil Survei nya dimasyarakat.

“Ucapnya kegiatan ini sangat membantu Pemerintah untuk bisa menganalisis kembali setiap permasalahan Kesehatan dimasyarakat, dan sebagai Upaya Pemerintah Daerah khususnya Dinas terkait untuk memprogramkan sesuai hasil dasar Data yang telah disurvei oleh Tim Enumerator SKI, “Imbuhnya.

Sekda Pun berpesan agar Tim Survei ini saat tiba di lokasi juga bisa membaur dengan masyarakat setempat karena menjaga hal yang tak diinginkan adalah adanya pemahaman yang berbeda dari masyarakat tersebut dengan keberadaanya Tim ini.

“Sekiranya saya berharap untuk tidak menggunakan bahasa ilmiah, dan sebaiknya lebih memudahkan interaksi dengan masyarakat agar menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh masyarakat setempat, ” Himbau Sekda.

Astar Baturangka, SKM selaku Sekertaris Dinas Kesehatan Kab. Parimo saat di temui usai kegiatan pelepasan berlangsung mengatakan SKI merupakan survei kesehatan indonesia, ini juga salah satu gabungan survei yang pernah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan sebelumnya, yaitu Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

SKI ditempatkan di wilayah Parimo sesuai dengan titik dampak yang mempunyai dalam permasalahan Kesehatan, tujuan Penempatan Tim SKI ini yaitu untuk melakukan pendataan ibu hamil, pendataan balita, pengukuran penyakit Stunting, serta pendataan kesehatan lingkungan seperti pendataan status gizi dan pendataan penyakit menular dan pendataan penyakit tidak menular lainnya pada Masyarakat diwilayah kab. Parimo.

“Tim SKI nantinya setelah melakukan pengumpulan data, maka data itu nantinya yang akan menjadi tolak ukur untuk menyusunan kegiatan di kementerian kesehatan. “Ucap Sekdis.

“tentu ini sudah melalui kebijkan – kebijan dari kementerian kesehatan untuk kita teruskan dalam rangka menjalankan tugas pokok serta fungsi kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, ” Jelas Sekdis.

“Tambahnya menyampaikan untuk jumlah tim yang melakukan SKI ini berjumlah sebanyak 24 orang yang akan di bagi menjadi 6 kelompok untuk ditempatkan di beberapa titik berdasarkan jumlah blok Sensus diwilayah kab. Parimo mulai dari kecamatan sausu sampai dengan kecamatan moutong dan akan memakan Waktu dalam Survei tersebut selama 54 hari dan paling cepat 48 hari, “tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here