Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong gelar Pencanangan dan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih memasuki Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 Foto : Prokopim Parimo

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong gelar Pencanangan dan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih. Kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 400.10.1.1/1965/SJ Tanggal 7 April 2023, tentang gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih secara Nasional tahun 2023.

Kegiatan pembagian 10 juta Bendera digelar secara simbolis di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong, Jum’at, (11/8/2023).

Sambutan Bupati Parigi Moutong yang dibacakan Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Politik, Aminudin mengatakan, bulan Agustus selalu menjadi bulan spesial di Indonesia. Namun, kesadaran masyarakat untuk memasang Bendera mulai berkurang, ini disebabkan karena pemahaman dan kesadaran semakin luntur dalam mengenal sejarah Indonesia dalam memperebutkan Kemerdekaannya.

“Kondisi tersebut semakin diperparah dengan munculnya paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila,” ujarnya.

Oleh karena itu, harus ada upaya saling mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi bahwa pengibaran Bendera khususnya saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

“Sudah menjadi keharusan dan bahkan kebutuhan sebagai salah satu wujud rasa cinta kita kepada tanah air,” imbuhnya.

Bupati juga menegaskan melalui sambutannya yang dibacakan Staf Ahli, Aminudin mengatakan, pembagian Bendera Merah Putih ini harus sampai kepada masyarakat di Kecamatan maupun sampai kepelosok Desa.

“Saya intruksikan kepada seluruh Satpol PP, Para Camat, Para Kepala Desa (Kades) dan lurah untuk selalu Patroli Turun kelapangan guna memastikan bahwa setiap rumah harus mengibarkan Bendera Merah Putih. Libatkan juga Babinsa TNI dan Babinkamtibmas Polri untuk melakukan patroli di wilayah masing-masing,” tukasnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here