Wakil Bupati, Badrun Nggai saat memberi sambutan dalam pelatihan peranan Legalitas dan Accounting dalam pembangunan Usaha Koprasi. Foto : Rahmat/Prokopim

*INFO PROKOPIM* _ Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Parigi Moutong gelar Pelatihan Peranan Legalitas dan Accounting dalam pembangunan Usaha Koprasi yang bersumber dari Dana Dak Non Fisik Tahun Anggaran 2022 di Kabupaten Parigi Moutong.bertempat di gedung pertemuan Hotel Oktaria, jumaat (15/7/2022).

Kegiatan pelatihan ini di Buka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE dan dihadiri Kepala Dinas Koprasi dan Usaha Kecil Menegah Kabupaten Parigi Moutong Sofiana SE, M.A.P, Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Adrudin Nur S.Pd, M.Si, Kepala Dinas TPHP Parigi Moutong Ir. Hadi Safwan serta Ketua Dewan Koprasi Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Abdul Malik Bram SH, MM.

Dalam laporan Kepala Dinas Koprasi dan Usaha Kecil Menegah Kabupaten Parigi Moutong Sofiana SE, M.A.P menyampaikan bahwa maksud dari tujuan pelatihan ini di laksanakan agar pengelolaan koperasi dapat mengerti nilai-nilai Prinsip koperasi, kemudian terampil dalam membuat rencana anggaran dan memasang laporan keuangan, kemudian dapat mengetahui lebih latar kekuatan badan hukum kelembagaan usaha koperasi itu harus kami pembinaan dan pengawasan terhadap koperasi yang ada.

Sebagai informasi juga bahwa pembukaan pelatihan ini dirangkaikan dengan hari koperasi nasional yang ke 75 tahun.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 16 koperasi yang ada di Kabupaten Parigi motong mulai dari Kecamatan Moutong sampai dengan Kecamatan Sausu, pelaksanaan pelatihan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 15-16 Juli 2022 bertempat di hotel Oktaria Parigi.

Pada kesempatan itu, Wabub dalam Sambutannya mengatakan bahwa kondisi realita koperasi dan usaha kecil menengah masih belum menunjukan kemajuan yang signifikan baik dari segi kuantitas maupun kualitas koperasi.

Hal ini tentunya membutuhkan komunikasi baik antara koperasi dan pelaku usaha dengan dinas terkait untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada. Dengan saling bertukar pikiran serta memberikan masukan dan ide-ide agar dapat mengembangkan koperasi dan ukm lebih baik lagi.

“Saya yakin dan percaya untuk mengatasi masalah tersebut dinas terkait dalam hal ini dinas koperasi dan ukm kabupaten parigi moutong selaku dinas tekhnis terus berupaya keras mengambil langkah-langkah kebijaksanaan yaitu dengan memberdayakan koperasi dan menumbuh kembangkan manajemen pengolaan koperasi”. Ucap Wabub

Olehnya itu, pemerintah kabupaten parigi moutong bersama dinas koperasi dan umkm kabupaten parigi moutong dalam hal ini  sangat fokus dan konsisten serta terus menerus untuk menumbuh kembangkan koperasi dan ukm.

Dengan melalui pelatihan peranan legalitas dan accounting dalam pengembangan usaha koperasi ini diharapkan mampu mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat koperasi dan ukm yang memiliki dedikasi, kompeten, disiplin, ulet, jujur, cerdas dan handal serta siap kerja dan bertanggung jawab dalam mengelola koperasi dan mengembangkan ukm

“saya berpesan kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, pahami setiap materi yang disampaikan guna pengembangan diri serta dapat di inplementasikan dalam setiap tugas dan pekerjaan”. Tutupnya

*Didi Rachmat*
*Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here