BKPSDM Parimo bersama Akademisi Untad Palu menyelenggarakan Pengukuran Kompetensi Sejumlah Pejabat JPT Pratama Parimo Foto : BKPSDM Parimo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab),Parigi Moutong (Parimo) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) saat ini telah melaksanakan Penilaian Kompetensi (assessment) terhadap 27 Pejabat dilingkungan Pemkab Parimo.

Aktorismo Kay, SAP., M. AP selaku Plt. kepala BKPSDM Parimo saat ditemui Prokopim mengatakan bahwa benar saat ini BKPSDM bersama Tim eksternal Pemerintah dari Akademisi Universitas Tadulako (Untad) Palu sedang melaksanakan Penilaian evaluasi kinerja bagi 27 Pejabat di jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Parimo, Senin (18/7/2023).

“Dari 27 yang sedang menjalani Tes, Ucap Aktorismo Sebenarnya ada 28 Pejabat yang terdaftar mengikuti, hanya saja satu orang pejabat tersebut masih sedang dalam Cuti menunaikan Ibadah Haji,akan tetapi kami tetap mengagendakan Jadwal Bagi pejabat tersebut. ” Jelasnya.

Lanjutnya menuturkan Tujuan dari evaluasi kinerja tersebut dilaksanakan sebagai bahan penilaian terhadap kinerja setiap pimpinan masing masing OPD berdasarkan Perjanjian kinerja yang sudah disepakati antara pimpinan OPD dengan Bupati Parimo diawal tahun.

Ia menambahkan selain Evaluasi kinerja dari Pimpinan OPD, evaluasi lainya yaitu RPJMD, RENJA dan RENSTRA, Serta Progress dari Pelaksanaan Program yang telah berjalan dari OPD itu sendiri.

“dari Tim akademisi itu juga nantinya sebagai tenaga ahli yang mengetahui dalam penyusunan RPJMD, baik tujuan maupun pekerjaan apa saja yang akan dilakukan setiap OPD dalam mendukung Visi dan Misi Kepala Daerah, ” Himbaunya.

selain itu kata Aktorismo evaluasi kinerja ditahun 2023 ini adalah sebagai perwujudan dari evaluasi kinerja yang telah dilakukan ditahun 2022. Menurutnya untuk lebih objektifnya penilaian itu kami pihak BKPSDM berinisiatif melibatkan Tim eksternal akademisi untad Palu untuk melaksanakan evaluasi penilaian kinerja tersebut yang sudah dimulai dari tanggal 13 s/d 14 Juli, dan lanjut ditanggal 17 s/d 18 Juli yaitu Uji Kompetensi berupa Uji psikotes meliputi seperti uji karakter dan mental serta Pengetahuan Managerial, “terangnya.

Lanjutnya menambahkan, pada tanggal 20 s/d 21 juli ke depan juga akan dilaksanakan pemaparan makalah dan wawancara yang nantinya akan dinilai oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai langsung oleh Sekertaris Daerah Parimo bersama 2 orang pejabat Provinsi dan 2 akademisi dari Untad.

“Hasil tersebut akan menjadi bahan laporan ke Bupati Parimo sebagai dasar Keputusan untuk pengambilan kebijakan dilingkup Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, ” Tuturnya.

Tahun ini juga adalah langkah awal bagi pemda Parimo melakukan penilaian bersama Tim akademisi Untad, dengan Harapan setiap pimpinan OPD dimaksud agar lebih memaksimalkan kinerja diDinasnya masing masing, dan kami pihak BKPSDM pun akan rutin melaksanakan kegiatan penilaian ini setiap tahunnya, “Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here