Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE Mengikuti Rapat Forkopimda Bersama Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Tentang Peningkatan Penanggulangan Penyebaran Covid -19 dan Percepatan Sebaran Vaksin

Prokopim – Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE Mengikuti Rapat Forkopimda Bersama Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Tentang Peningkatan Penanggulangan Penyebaran Covid -19 dan Percepatan Sebaran Vaksin

Pada Kesempatan Itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dr. I Komang Adi Sujendra, melaporkan Bahwa Penularan Covid saat ini disulawesi tengah sangat menurun drastis  , tetapi kondisi ini tidak boleh membuat pemerintah dan masyarakat lengah khusus menghadapi Perayaan Nataru , Selanjutnya Kepala Dinas Menyampaikan Bahwa percepatan Sebaran Vaksin menjadi Perhatian Serius Untuk penanggulangan Covid -19 saat ini untuk itu perku langkah -Langkah Strategis dari Pemerintah Untuk Percepatan Vaksinasi .

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo, terus melihat perkembangan Penanganan Covid -19 dan perkembangan Vaksinasi olehnya Kata Gubernur , Saya minta Bupati /Walikota , Satgas Covid – 19 , TNI dan POLRI terus bersinergi untuk meningkatkan Sebaran Vaksinasi di Daerahnya , kedua Kata Gubernur , Ada Selisih data Pusat dan Daerah dan ada keterlambatan data Pencatatan Vaksin Covid -19 Melalui Aplikasi Pcare untuk menjadi Perhatian supaya selisih data pusat dan Daerah diharapkan bisa segera diatasi dan Bupati/Walikota dapat mengambil langkah strategis untuk mempercepat sebaran Vaksin di Daerah , Target Vaksin Kita sampai Akhir Desember 2021 Sebesar 60%

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol. Sufahriady , menyampaikan bahwa berdasarkan hasil rapat para Kapolda se-Indonesia yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo , bahwa sebaran Vaksin Sulawesi Tengah masih berada pada 46 % Tetapi Data Provinsi sudah mencapai 51% terjadi selisih yang begitu besar diminta supaya secapatnya diatasi dan diketahui kenapa terjadi selisih, selanjutnya Kapolda memerintahkan Kapolres untuk Mendukung Percepatan Vaksin di daerah , Kapolda Perintahkan tidak ada hari Sabtu dan Minggu yang ada semuanya hari Senin tidak ada hari libur , Kapolda perintahkan kapolres agar berkoordinasi dengan Bupati dan jajaran untuk berjoordinasi untuk mempercepat sebaran Vaksin di daerah .

Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf , MA, Menyampaikan Perlu ditingkatkan Koordinasi dan meningkatkan Kinerja Satgas Kembali, Danrem 132 Tadulako juga memerintahkan jajarannya Dandim untuk mendukung percepatan Vaksinasi .

Ketua DPRD Provinsi Nilam Sari Lawira , menyampaikan bahwa komitmen dan Integritas kepala Daerah menjadi prioritas dalam meningkatkan sebaran Vaksin , Ketua DPRD meminta agar diefektifkan penggunaan Dana yang ada untuk percepatan penanganan covid dan pelaksanaan Vaksinasi.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdyb Mastura untuk menindaklanjuti Hasil Rapat Forkopimda dan Intruksi mendagri , membuat Surat Gubernur Kepada  Forkopimda , Bupati dan Walikota , tentang Peningkatan Penanggulangan Penyebaran Covid dan Percepatan Sebaran Vaksinasi , untuk segera ditindaklanjuti Bupati dan Walikota ,
Gubernur meminta agar Bupati dan Walikota dalam pelaksanaan Natal 2021 dan Tahun baru 2022 agar memastikan Satgas Covid -19 , bersama TNI , Polri dan seluruh OPD teknis melakukan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan pada tempat Gereja/Tempat yang difungsikan sebagai tempat ibadah , tempat perbelanjaan dan tempat wisata., Bupati /Walikota diminta untuk mengambil kebijakan strategis bersama TNI , Polri dan OPD teknis untuk meningkatkan sebaran Vaksin kepada masyarakat dengan menerapkan kebijakan bahwa Vaksin menjadi Persyaratan dalam pelayanan pemerintahan dan kegiatan sosial Masyarakat.

Gubernur juga meminta kepada Bupati dan Walikota untuk memastikan pelaporan data masyarakat tervaksin Valid atau memiliki kesamaan data Pusat dan Daerah sehingga tidak terjadi selisih data.

Gubernur juga meminta agar Bupati Bupati dan Walikota memastikan seluruh masyarakat yang sudah menerima Vaksin dapat terdata pada Sistem cakupan Pencatatan Vaksin Covid -19 Melalui Aplikasi PCARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here