Bupati Samsurizal Tombolotutu didampingi Bunda Paud Kab. Parimo Dra. Hj. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu membuka Secara resmi kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Kabupaten Parimo tahun 2023 Foto : Prokopim /Steven

Bupati Kabupaten Parigi Moutong (Kab.Parimo), Samsurizal Tombolotutu didampingi Bunda Paud Kab. Parimo Dra. Hj. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu membuka Secara resmi kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Kabupaten Parimo tahun 2023, dengan tema menjelajahi dunia dengan imajinasi mewujudkan generasi hebat, Bertempat di Pantai Mosing, Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan, Sabtu (27/5/2023)

Saat membuka kegiatan gebyar paud, Bupati Samsurizal mengatakan, bahwa pendidikan di usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat penting dalam memberikan kerangka dasar pada anak untuk terbentuk dan mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilannya. Salah satunya pemenuhan hak pendidikan sejak dini (Paud) dari usia 0 samapai dengan 6 tahun.

dilokasi Mossing kec. Tinombo selatan Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu saat membacakan sambutan

Kita ketahui bersama di kabupaten Parimo dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan jumlah Paud, dimana pada tahun 2023 ini sudah mencapai 539 lembaga paud dan hampir disetiap desa serta kelurahan.

Akan tetapi masi ada warga atau masyarakat yang tinggal di daerah pelosok pegunungan dan daerah terpencil yang belum merata tersentuh oleh pendidikan.

“ini menjadi perhatian khusus bagi kita semua. Dukungan masyarakat juga sangat saya harapkan untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Paud di daerah ini,” ucapnya.

“Untuk para Camat dan kepala desa agar dapat memasukan dalam perencanaan di desa untuk membatu lembaga Paud, terutama insentif para gurunya. Selain itu juga para bunda Paud kecamatan dan desa agar bersama sama untuk memberikan dukungan terhadap pembinaan serta berkelanjutan program Paud pada wilayah masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, sambutan Bunda Paud Kabupaten Parimo Dra. Hj. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan gebyar Paud pada tahun ini yang mengusung tema menjelajahi dunia dengan imajinasi mewujudkan generasi hebat, agar memberikan kesempatan buat anak – anak untuk mengembakan kreativitas imajinasi mereka melalui berbagai kegiatan perlombaan dan pertunjukan.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut telah dilaksanakan perlombaan tingkat pendidikan anak usia dini, diantaranya lomba Fashion Show, lomba baca nyaring, lomba mendongeng, lomba menyusun puzzle, yang dilaksanakan hari jumaat 26 Mei 2023.

“Semua ini dilakukan dengan tujuan guna agar kita dapat memahami betapa pentingnya peran orang tua dalam pemenuhan hak anak dan memberikan kesempatan setiap anak untuk berkreasi, berekspresi, meningkatkan bakat niatnya dan meningkatkan kompetensinya,” ujarnya.

Untuk itu, Saya menghimbau kepada orang tua berperan aktif dalam pemenuhan hak anak yang meliputi hak pendidikan, hak pengasuhan, hak kesehatan dan hak kesejahteraan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama.

“Kerjasama kemitraan bunda Paud dengan semua orang tua harus dipelihara serta di kembangkan terus menerus demi terwujudnya pelayanan Paud yang berkualitas untuk semua anak usia dini diParimo,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Parimo H. Badrun Nggai SE, Pencipta Lagu Anak skaligus praktisi PAUD nasional Om Sinung, Dosen Prodi PG PAUD Universitas Tadulako Palu Sita Awalinisah, S. Pd., M. Pd, Para Pimpinan OPD, para camat, para kepala desa, para bunda Paud, Para anak didik Paud dan Para orang tua didik Paud di wilayah kab. Paromo.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here